» » Pohon yang bisa berpindah tempat sendiri

Pembaca :

Socratea exorrhiza, the Walking Palm or Cashapona, is a palm native to rainforests in tropical Central and South America. It can grow to 25 metres in height, with a stem diameter of up to 16 cm.

Inilah pohon yang bisa berjalan, Mungkin kedengarannya ngawur, tetapi tanaman ini benar - benar bisa berpindah tempat.  Cashapona merupakan tumbuhan asli dari hutan hujan tropis Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 25 meter tingginya dan dengan diameter batang bisa mencapai 16 cm.

Cashapona memiliki akar yang tidak seperti umumnya pohon, tanaman ini seolah "berdiri" dengan menggunakan akarnya. Memang, tanaman ini berdiri dengan akar- akarnya, dan yang lebih mengejutkan adalah tanaman bisa berpindah tempat. Lalu apakah benar bisa berpindah tempat sendiri? Silakan lihat gambar di bawah ini dalam proses pergerakaanya.


Saat batang roboh, maka akan tumbuh batang baru yang kemudian berdiri tegak. Nah. batang baru inilah yang seolah berjalan karena perpindahan tempat di mana dari tempat lama (pertama kali pohon tumbuh)  ke tempat yang baru (tumbuhnya batang baru). Demikian seterusnya.


Pada tahun 1961 ada sebuah fakta yang ditemukan mengenai tanaman ini. Batang akar ini tumbang karena ditimpa oleh batang lain, dan beberapa hari kemudian, tumbuh  batang akar baru di sekitar batang akar yang lama.

Beberapa minggu kemudian, tanaman ini hampir berdiri tegak lagi dengan batang yang baru tadi. Walaupun bisa bergerak, tapi prosesnya perlu waktu yang cukup lama. Pergerakannya hanya sekitar 1 meter per tahun.




Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by dhea

bean
Hi there!, You just read an article Pohon yang bisa berpindah tempat sendiri . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda