» » Bakso Bandeng khas Oyin puol enak é

Pembaca :

Mungkin jajanan ini masih asing untuk sebagian telinga Oyiners, karena pada umumnya bakso ikan itu terbuat dari ikan tenggiri, kali ini Oyin membagi bagaimana mengolah ikan bandeng untuk dijadikan bakso yang memiliki rasa khas ikan bandeng yaitu gurih empuk dan kenyal saat kita kunyah.

Cara membuatnya tidak sulit, sama seperti jika kita membuat bakso dari daging sapi, perbedaannya terletak pada proses mengolah adonannya saja, dimana untuk ikan bandeng perlu ketelatenan jika baksonya ingin springy, bouncy

Bahan :
- 300 - 400 gram daging ikan bandeng.
- 1 butir putih telur
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh merica bubuk
-  air es
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan tepung maizena

Siapkan daging ikan, pisahkan daging dari duri dan kulitnya menggunakan pisau tajam atau kerok menggunakan sendok.

Jika Oyiners menggunakan food processor, Oyiners cukup masukkan daging ikan ke dalam alat dan proses hingga halus. Cara lainnya adalah dengan mencincang daging ikan di talenan hingga hancur dan lembut.

Masukkan putih telur dan air es, proses kembali dengan food processor hingga adonan menjadi halus dan tercampur rata. Tambahkan merica bubuk, garam, dan kaldu bubuk, proses hingga tercampur baik. Cicipi rasanya, jika kurang garam tambahkan. Pada tahap ini adonan terlihat kenyal, smooth dan shiny. Keluarkan adonan, tuangkan ke permukaan talenan, taburi tepung maizena dan aduk rata dengan tangan.

Ambil adonan ikan di talenan kemudian bantingkan adonan ke permukaan talenan. Adonan ikan  yang telah berbumbu ini lantas dibanting-banting di permukaan meja atau kayu talenan hingga adonan menjadi kenyal, spongy dan terasa elastis kala di tekan dengan ujung jari tangan. Tekstur seratnya terlihat kompak dan menyatu. Perlu sekitar kurang lebih 10 kali bantingan, terlalu banyak justru akan membuat adonan menjadi keras.

Jika proses ini telah selesai, ambil segenggam adonan kemudian tekan sehingga sebagian adonan akan keluar dari permukaan genggaman tangan Oyiners. Ambil adonan yang keluar menggunakan sendok yang dibasahi di air dan masukkan bulatan adonan ke dalam air es. Lakukan hingga semua adonan habis. Diamkan adonan di dalam air es selama 30 menit. Atau masukan kedalam kulkas.

Siapkan panci, isi dengan air secukupnya, didihkan. Masukkan bulatan bakso yang telah direndam air es ke dalam air mendidih dan rebus hingga bakso mengapung. Angkat dan tiriskan.

Bakso pun siap Oyiners olah menjadi aneka masakan seperti mie bakso, mie goreng, atau cap cay atau masukkan ke dalam wadah rapat dan simpan di freezer untuk penggunaan lebih lanjut.

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Bakso Bandeng khas Oyin puol enak é . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda