» » » Manfaat daun sirih merah

Pembaca :
Daun Sirih Merah (Piper crocatum)
Daun sirih tidak hanya berwarna hijau, tetapi ada juga yang merah. Yang berdaun merah memiliki khasiat obat luar biasa. Kandungan zat-zat yang ada di dalamnya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Pada umumnya orang mengenal daun sirih berwarna hijau. Daun ini memiliki banyak sekali manfaat. Di samping secara tradisional dan turun-temurun dimanfaatkan sebagai pelengkap upacara adat, terkadang juga digunakan oleh ibu-ibu untuk menginang. Dalam perkembangannya, air rebusan daun sirih diketahui mengandung antiseptik yang berkhasiat sebagai obat kumur, menjaga kesehatan organ intim wanita, menghilangkan bau badan, mengatasi mimisan, dan memperkuat gigi.

Kini ada daun sirih berwarna merah. Tanaman ini tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, seperti Papua, Aceh, Yogyakarta, dan Jawa Barat. Sayangnya, belum diketahui asalnya secara jelas. Seperti halnya sirih hijau, sirih merah tumbuh menjalar.

Batangnya bulat berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya berbentuk jantung dengan bagian ujung meruncing. Panjang daun bisa meneapai 15-20 cm. Warna ujung daun hijau bersaput putih keabu-abuan.
Bagian pangkal daun berwarna merah hati. Daunnya berlendir, berasa sangat pahit, dan beraroma wangi khas sirih.

Sirih merah tergolong langka karena tidak tumbuh di setiap tempat. Bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh dan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari. Jika terkena sinar matahari langsung pada siang hari seeara terus-menerus warna merah daunnya bisa menjadi pudar, buram, dan kurang menarik.

Tanaman ini juga pantang kelebihan air. Karena itu, pada musim penghujan banyak yang mati akibat batangnya membusuk dan daunnya rontok. Sirih merah akan tumbuh dengan baik bila mendapat 60-75 % cahaya matahari. Karena itu perlakuan khusus sangat dibutuhkan dalam upaya menjaga syarat tumbuh. Banyak orang mengoleksi tanaman sirih merah, tetapi tidak banyak yang mengerti perawatannya, sehingga cepat mati.

MENGANDUNG BERBAGAI ZAT AKTIF
Dari hasil penelitian diketahui daun sirih merah mengandung flavanoid, polevenolad, tanin, dan minyak atsiri. Secara empiris zat aktif itu memiliki efek mencegah ejakulasi dini, antikejang, membasmi kuman, penghilang rasa nyeri dan.menghilangkan bengkak. Di samping itu bisa juga untuk mengatasi radang paru, radang tenggorokan, gusi bengkak, radang payudara, hidung mimisan, kencing manis, ambeien, jantung koroner, darah tinggi, asam urat: dan batuk berdarah.

Berikut beberapa contoh penggunaan sirih merah sebagai obat.

Untuk ambeien,
Ambil 7 Iembar .daun, cuci bersih, iris kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah disaring tambahkan madu, minum tiga kali sehari, sekali minum 1,5 gelas, hingga ambeien sembuh.


Untuk asam urat,
Ambil 7 lembar daun sirih tua dan batangnya sepanjang 15 cm. Bahan dicuci, iris kecil-kecil, rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring, tambahkan madu dan perasan jeruk nipis. Minum dua kali sehari, sekali minum 1,5 gelas, sampai sembuh. Sisa rebusan bisa diminum hari berikutnya setelah dipanaskan terlebih dahulu. Minum sampai asam urat sembuh.

Untuk kencing manis,
Ambil 3 lembar daun sirih tua, cuci bersih, iris kecil-kecil, dan rebus dengan 3 gelas air hingga ters isa 1,5 gelas. Minum tiga kali sehari se- belum makan, sekali minum 1/2 gelas, sampai gula darah normal kembali.

Untuk jantung koroner,
Ambil 4 lembar daun, cuci, rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas, tambahkan madu, minum selagi hangat dua kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas, hingga jantung koroner sembuh.

Cara menanam
Sirih merah dapat diperbanyak secara vegetatif dengan penyetekan atau pencangkokan karena tanaman ini tidak berbunga. Penyetekan dapat dilakukan dengan menggunakan sulur dengan panjang 20 - 30 cm.

Sulur sebaiknya dipilih yang telah mengeluarkan akar dan mempunyai 2 - 3 daun atau 2 - 3 buku. Untuk mengurangi penguapan, daun di ku-rangi sebagian atau buang seluruh-nya. Sulur diambil dari tanaman yang sehat dan telah berumur lebih dari setahun.

Cara perbanyakan dengan dengan setek dapat dilakukan dengan me-nyediakan media tanam berupa pasir, tanah dan kompos dengan perban-dingan 1 : 1 : 1. media tersebut di-masukkan ke dalam polibeg berdi ameter 10 cm yang bagian bawah-nya sudah dilubangin.

Setek yang telah dipotong-potong direndam dalam air bersih selama lebih kurang 15 menit. Setek ditanam pada poli-beg yang telah berisi media tanam. Letakkan setek ditempat yang teduh dengan penyinaran matahari lebih kurang 60-75 %

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by dhea

bean
Hi there!, You just read an article Manfaat daun sirih merah . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda