» » » Filosofi Bunga dalam Kehidupan
author-photo

Pembaca :

Anggapan bahwa wanita menyukai bunga memang ada benarnya. Namun bukan hal yang salah memberikan serangkai bunga pada sahabat terbaik atau keluarga. Tentu saja sebelumnya Anda harus memilih bunga yang tepat. Sejak lebih dari 200 tahun yang lalu, masyarakat Eropa telah memberikan bunga dengan makna yang spesifik. Dengan kata lain bunga untuk menyampaikan pesan atau sentimen tertentu. Percaya atau tidak, ada bunga yang khusus diberikan untuk menyatakan ketidaksukaan pada seseorang, bahkan perang.

Nah, bagi Anda yang penasaran berikut ini 10 jenis bunga terpopuler dengan makna yang spesial.

ROSE – CINTA, KASIH SAYANG
Bunga dengan batang berduri yang sangat populer dan banyak disukai orang. Rose atau mawar terdiri dari lebih 100 spesies dan berupa semak tegak atau memanjat. Kebanyakan spesies berasal dari Asia, sebagian kecil di Eropa, Amerika Utara dan barat laut Afrika. Warna mawar mempunyai arti yang berbeda-beda, di antaranya:

  • Merah (kecantikan, keberanian, cinta, dan romantis).
  • Putih (cinta sejati, kemurnian, kesungguhan, kelembutan, kesucian dan kerendahan hati) 
  • Merah muda (penghargaan, kebahagiaan, kekaguman, kelembutan, kasih saying, dan ucapan terima kasih sebagai seorang sahabat yang dekat).
  • Kuning (persahabatan sejati, kenangan indah tak terlupakan).
  • Oranye (aku ingin kau menjadi bagian hidupku, kekaguman akan cinta).
  • Jingga (pernyataan cinta sekaligus sebagai lamaran).
  • Biru (misteri).
  • Hijau (ketenangan).
  • Hitam (kematian).
  • Kombinasi merah dan kuning (ucapan selamat, jatuh cinta, dan persahabatan).
  • Kombinasi merah dan putih (simbol penyatuan dari sebuah kecocokan).

GARDENIA – KECANTIKAN, KEMURNIAN, CINTA
Warna putih dan aroma harumnya yang kuat membuat Gardenia cocok digunakan sebagai bunga potong atau karangan bunga. Dan warna putihlah yang membuatnya identik dengan kesucian atau kemurnian. Dengan tinggi 1 – 3 meter, Gardenia termasuk tanaman perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Di Indonesia banyak orang menyebutnya Kaca Piring, walau sebenarnya hanya menunjuk pada salah satu spesiesnya yaitu Gardenia Augusta.

DAFFODIL – MENGHORMATI, MENGHARGAI, KELAHIRAN KEMBALI
Rangkaian bunga Daffodil berarti harapan, kegembiraan, dan optimisme. Warna kuningnya adalah ungkapan perasaan, “matahari akan selalu bersinar selama aku bersamamu.” Sebuah ungkapan cinta yang tiada bandingnya. Uniknya, jika hanya setangkai maka bunga ini berarti kemalangan. Rangkaian bunga ini cocok diberikan bagi mereka yang sedang merayakan sesuatu seperti kelahiran anak atau pekerjaan baru.

Daffodil atau Narsis (Narcissus) disukai berkat warnanya yang atraktif yaitu kuning atau putih. Bunga yang bentuknya mirip terompet ini sayangnya tidak dapat hidup di Indonesia karena hanya cocok di iklim subtropis dan sedang. Salah satu varian bunga ini yaitu Narcissus Pseudonarcissus digunakan untuk merangkai gen “Golden Rice” atau beras emas yang populer.

HYDRANGEA – “TERIMA KASIH SUDAH MEMAHAMIKU”
Ada banyak cara berterima kasih pada sesorang. Dari menulis surat, berjabat tangan, atau memeluknya. Ingin berbeda dan berkesan? Berikan padanya rangkaian bunga Hydrangea. Bunga ini tergolong tanaman semak yang tingginya antara 1 - 3 meter. Hydrangea atau Hortensia mempunyai ragam warna yang cantik: putih, ungu, kuning, pink, dan biru terang. Warna bunga Hydrangea ditentukan oleh tingkat keasaman tanah di mana rendah akan menghasilkan biru terang dan tinggi menghasilkan warna cenderung pink.

HYACINTH – KETEGUHAN, KEKONSISTENAN
Dalam mitologi Yunani, nama Hyacinth diambil dari seorang gadis yang dicintai oleh Apollo dan Zephyr. Berlawanan dengan mitosnya, bunga Hyacinth justru berasal dari Mediterania Timur (sebelah selatan Turki sampai utara Israel), sebagian Iran dan Turkmenistan. Bunga ini identik dengan keteguhan cinta, namun warna yang berbeda juga menentukan makna yang lain yaitu biru (kesetiaan), ungu (maafkan aku, duka cita), merah atau pink (permainan), putih (kecantikan, aku berdoa untukmu) dan kuning (cemburu).

PEONY – CINTA KASIH, KEBAHAGIAAN
Bunga Peony masih tergolong tumbuhan semak yang bisa tumbuh antara 2 – 3 meter. Tanaman ini berasal dari Tiongkok, Amerika Utara, dan Eropa Selatan. Warnanya ada yang merah, merah tua, merah jambu, putih, kuning, dan ungu. Oleh masyarakat Tiongkok bunga ini selalu ditunggu-tunggu karena begitu wangi dan terlihat indah ketika mekar. Bunga yang bermakna kebahagiaan ini juga dapat digunakan untuk pencegah infeksi dan penghilang rasa sakit.

SWEET PEA – “TERIMA KASIH ATAS WAKTU YANG MENYENANGKAN”
Bunga Sweet Pea (Lathyrus Odoratus) tersebar dari wilayah Mediterania Timur, tepatnya daerah Sicilia hingga Crete. Bunganya bertekstur lembut dan mirip miniatur kupu-kupu. Warnanya ungu dengan lebar mahkota antara 2 – 5 cm. Di alam liar ukuran bunga bisa lebih lebar. Sweet Pea mengungkapkan ucapan selamat tinggal, perpisahan, dan ungkapan terima kasih atas saat yang menyenangkan.

EDELWEISS – KETULUSAN, PENGORBANAN, KEABADIAN
Edelweiss adalah tumbuhan endemik zona pegunungan tinggi. Bunga ini merupakan pelopor bagi tanah vulkanik dan mampu bertahan hidup di zona yang tandus. Sebuah bunga luar biasa yang orang bersedia berjuang mendaki gunung tinggi hanya untuk melihatnya. Bermakna keabadian karena berada di puncak gunung. Bermakna ketulusan karena tetap hidup meski di tempat yang ekstrim. Seolah menerima apa adanya tanpa menyalahkan kondisi yang tidak menyenangkan. Sayangnya bunga ini populasinya kian terancam oleh tangan jahil yang hanya ingin memetik namun tidak mau menanamnya.

LILY OF THE VALLEY – “KAU TELAH MEMBUAT HIDUPKU SEMPURNA”
Lily adalah bunga yang populer untuk momen pernikahan, sekaligus simbol kebahagiaan. Bentuknya mungil mirip lonceng dengan warna putih. Aromanya wangi lembut namun tidak terlalu berlebihan. Meskipun mempunyai makna yang indah, bunga ini beracun hampir di semua bagiannya (terutama pada berry merah yang mungkin menarik anak-anak). Jika tertelan dapat menyebabkan gangguan perut hingga muntah dan menurunkan denyut jantung.

STOCK – “KAU AKAN SELAMANYA INDAH BAGIKU”
Sulit dibayangkan bunga yang bertekstur kaku ini menyebarkan aroma yang membuat orang menarik nafas dengan bahagia. Sedap dipandang mata, bunga ini hadir dalam beberapa warna: putih, kuning, merah, dan ungu. Sebagai simbol “kecantikan nan abadi,” bunga ini sangat tepat diberikan untuk menyampaikan perasaan kasih sayang. Stock adalah bunga asli dari barat daya Yunani dan selatan Albania.



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Oyin Ayashi

bean
author-photo
Hi there!, You just read an article Filosofi Bunga dalam Kehidupan . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda