» » Makanan yang tidak perlu dipanaskan kembali

Pembaca :

Bagi ibu rumah tangga, menghangatkan kembali makanan sisa atau makanan yang tidak sempat dimakan mungkin menjadi kegiatan rutin tiap hari. Hal tersebut dianggap lumrah, namun tanpa disadari ternyata mengkonsumsi makanan yang sudah lama disimpan dan menghangatkannya kembali sangat tidak dianjurkan untuk beberapa masakan.

Beberapa makanan bisa berubah komposisinya setelah dipanaskan ulang sehingga hilang kandungan gizinya, dan bahkan bisa menjadi beracun. Berikut ini makanan yang tidak dianjurkan untuk dihangatkan kembali:

1. Jamur
Masakan dengan bahan Jamur sebaiknya dimakan segera ketika sudah dimasak, dan jika dibiarkan lama lebih baik memakannya pada kondisi dingin apa adanya, jangan dipanaskan ulang. Jika dipanaskan ulang, akan ada perubahan dalam komposisi proteinnya, dan bahkan ada perubahan rasa. Akibatnya dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, dan kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur.

2. Ayam
Sama seperti jamur, jika dipanaskan ulang daging ayam akan berubah komposisi proteinnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghangatkannya kembali tidak dianjurkan memanaskan ulang dalam suhu yang tinggi, cukup dengan api kecil dalam waktu singkat hingga masakan terasa hangat.

3. Kentang
Kentang adalah makanan bergizi yg tdk dianjurkan dipanaskan ulang karena kandungan gizinya akan hilang, dan jika diapanaskan berulang-ulang kemungkinan akan menjadi beracun. Makan segera setelah dimasak atau makan dalam kondisi dingin tanpa dipanaskan kembali.

4. Bayam
Bayam adalah makanan yang mengandung banyak nitrat, jika dipanaskan berulang kali akan mengubah kandungan nitrat menjadi nitrit. Nitrit berpotensi karsinogenik (zat pemicu kangker) bagi tubuh manusia, jadi sangat dianjurkan agar memakan masakan bayam dalam keadaan segar, makanlah segera setelah masakan matang. Hindari makan masakan bayam yang sudah tersimpan lama dan jangan menghangatkannya untuk dimakan ulang.

5. Seledri
Seledri paling banyak digunakan untuk sup, seledri juga banyak mengandung nitrat yang akan berubah jadi nitrit yang sifatnya karsogenik (zat pemicu kangker). Jika anda akan memanaskannya lebih baik buang dulu potongan seledrinya.

6. Telur
Telur adalah makanan yang berisiko tinggi bila dipanaskan ulang. Telur akan menjadi sangat beracun jika terkena paparan suhu tinggi secara berulang. Terutama bila dimasak dengan cara direbus atau dimasak dalam kondisi bulat dengan bagian kuning masih di dalam.

Itulah makanan yg dianjurkan untuk tidak dimasak ulang.

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by dhea

bean
Hi there!, You just read an article Makanan yang tidak perlu dipanaskan kembali . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda