» » Tips mencegah lapar di jam nanggung

Pembaca :
Saat perut terasa lapar, banyak orang yang tidak lagi peduli dengan asupan gizi yang akan masuk ke dalam tubuh. Tidak sedikit yang akhirnya memilih makanan yang tidak sehat, hanya demi
memuaskan rasa lapar.

Untuk mengurangi rasa lapar di jam 'rawan', cobalah 10 trik berikut. Selain tetap bisa menikmati makan sehat, kita tetap tidak akan terganggu dengan sejumlah keluhan akibat makan sembarangan.

Minum Air Setiap Satu Jam
Usahakan untuk selalu sedia sebotol air dan sebuah gelas. Isi ulang dan minum air dalam gelas setiap satu jam. Hal ini dapat membantu menyerap racun dalam tubuh, serta membuat perut terasa kenyang.

Di samping itu juga dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Khasiat utama kayu manis dapat membantu tubuh mencerna makanan, sehingga kita tidak merasa lapar untuk waktu yang cukup lama. Sebagai bahan makanan yang menyehatkan, rempah-rempah satu ini juga dapat menjaga kadar gula darah

Makan terlalu cepat memang dapat membuat tubuh mudah kenyang, namun juga membuat perut merasa lapar lebih cepat. Jadi usahakan untuk mengunyah makanan dengan perlahan, sehingga perut bisa mudah kenyang.

Konsumsi Buah, Bukan Jus
Jika Oyiners suka menjadikan buah sebagai camilan, makanlah buah dalam bentuk utuh. Atau dengan kata lain jangan olah buah sebagai jus. Jus merupakan cairan dan diyakini tidak mengandung serat, sehingga tidak mudah diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi buah sama dengan mengkonsumsi makanan berkalori, yang justru membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Kurangi Gula
Gula memiliki pengaruh cepat dalam memberikan efek meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah. Saat kadarnya gula darah sedang rendah, perut akan terasa lapar. Itulah mengapa, mengurangi konsumsi gula akan terasa lebih bijak bagi tubuh.

Serat
Sistem pencernaan membutuhkan waktu lama untuk mencerna setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan untuk selalu memperbanyak asupan serat saat sarapan, makan siang, dan makan malam agar anda terasa kenyang lebih lama.

Seruput Kopi atau Teh
Kopi dan teh merupakan makanan yang dapat menekan rasa lapar. Jika meminum kopi atau teh secara teratur, maka perut tidak akan terasa lapar. Namun pastikan Oyiners memasukkan sedikit gula pada minuman berkafein ini.

Konsumsi Protein
Dibandingkan perbanyak karbohidrat, ada baiknya mulai memikirkan untuk meningkatkan asupan protein. Padukan protein hewani dan nabati untuk menu wajib sehari-hari.

Bagi Porsi Makan
Makan besar tiga kali dalam sehari ternyata justru membuat perut lebih cepat lapar. Ubahlah waktu makan menjadi 6-8 kali sehari, namun dalam tenggang ditambah waktu untuk camilan. Jeda di antara waktu makan berat dapat dimanfaatkan untuk makan makanan kecil (cemilan).

Sarapan
Sejumlah penelitian menunjukkan sarapan memberikan pengaruh penting dan membuat tubuh merasa kenyang selama sehari penuh. Jika anda melewatkan sarapan, besar kemungkinan Oyiners akan makan dengan porsi lebih besar saat makan siang.


Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Tips mencegah lapar di jam nanggung . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda