» » » Makanan khas daerah yang perlu dicicipi

Pembaca :
Jika Oyiners jalan-jalan di pusat keramaian Jakarta (bukan di mall) maka akan melihat banyak penjaja kerak telor, yaitu makanan khas Betawi yang dibuat dari beras ketan dan diberi telor ayam yang di ceplok, kemudian di panggang diatas tungku arang kayu. Tapi entah bagaimana rasanya Oyin sendiri belum pernah makan..hahaha.

Penjual kerak telor ini umumnya akan muncul pada even-even tertentu misalnya Jakarta Fair. Mungkin bagi pembaca yang tinggal di Jakarta, kerak telor bukan sesuatu yang unik, tapi sebaliknya bagi pengunjung blog yang kebetulan bukan penduduk Jakarta, tentu ingin mengetahui apa itu kerak telor.

penjual kerak telor

kerak telor

kerak telor sudah matang

Es klamud
Teriknya panas matahari, tentu akan menggelitik tenggorokan. Jika tenggorokan sudah teramat kering rasanya sepeti dicekik hantu, Di daerah pesisir utara Jawa ada pedagang es kelapa muda yang sangat segar rasanya, karena minuman ini dicampur dengan jeruk nipis, sehingga rasanya menjadi asam manis.


Jika kita minum, serasa melewati jalan tol dengan kecepatan full speed. Ketika masih duduk di bangku SD, saat pulang sekolah, dan kebetulan musim kemarau, maka Oyin selalu mampir ke penjual es kelapa muda Ojo Dumeh milik bu Narti untuk melepas dahaga.


Bu Narti menjajakan es kelapa muda persis didepan pintu masuk pasar sehingga banyak para pedagang yang membelinya, selain masyarakat umum.


Ampyang
Di Jawa ampyang (cemilan kacang tanah yang dicampur gula merah) menjualnya tidak dibungkus. Dan gula yang digunakan berasal dari buah kelapa, tapi di Tanatoraja Sulawesi ampyang dibuat dari campuran gula aren dan di bungkus dengan daun jagung kering. Makanan ini sangat cocok sebagai teman minum teh hangat disaat musim hujan, dimana udara dingin.

ampyang

Gambar diatas adalah bentuk ampyang Jawa, sedangkan gambar dibawah ini adalah ampyang khas Tanatoraja Sulawesi. karena dibuat dari gula aren dan dicampur jahe, rasanya jadi pedas gurih, jika kita makan saat malam hari sebagai teman minum kopi atau teh, badan terasa hangat.



Ketan hitam
Masih didaerah Tanatoraja ada makanan khas yang perlu sampean coba jika suatu saat ada kesempatan bertandang ke daerah ini, yaitu nasi ketan hitam. Nasi ini dicampur parutan kelapa muda dan biasanya dimakan dengan lauk telor asin dan sambal tomat... hehehe nulis makanan perut jadi laper



Nah, untuk sementara sekian dulu artikel yang oyin share, nanti dilain kesempatan Oyin tulis lagi artikel bab kuliner daerah... cheer !

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Makanan khas daerah yang perlu dicicipi . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda