» » Bedanya baking powder dan soda kue

Pembaca :

Mungkin diantara Oyiner  ada yang belum mengetahui apa itu baking powder dan baking soda atau soda kue. Baking powder dan soda kue merupakan pengembang kue dan keduanya tampak identik. Lalu apa sih perbedaannya?

Baking Powder
Baking powder merupakan bahan pengembang yang terdiri dari campuran sodium bicarbonat dan garam asam suhu rendah. Zat ini jika bertemu dengan cairan dan terkena panas akan membuat adonan menjadi mengembang. Bahan ini dipakai untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur kue seperti muffin, bolu, dan biskuit.

Ada dua jenis baking powder, yaitu:
  1. Single-acting backing powder, ini hanya mengandung satu jenis acid. Adonan harus langsung dipanggang. Jika tidak, kue yang dihasilkan akan kurang mengembang.
  2. Double-acting backing powder, ini mengadung dua jenis asam, sehingga penambahan baking powder boleh dilakukan saat pencampuran bahan-bahan dan adonan boleh didiamkan beberapa saat sebelum dipanggang. Jadi jika oven / kukusan Sobat terbatas tempatnya, maka gunakanlah double-acting baking powder.
Soda Kue
Soda kue merupakan komponen baking powder, kandungannya adalah sodium bicarbonat murni. Sifat bahan ini saat tercampur dengan cairan dan bahan-bahan yang bersifat asam, seperti yogurt, molasses, dan asam dari buah-buahan, kue akan mengembang dalam proses pemanggangan. Namun adonan yang sudah tercampur dengan soda kue, harus segera dipanggang agar bisa mengembang.


Oyiner dapat mengganti soda kue dengan baking powder tetapi takarannya disesuaikan agar tidak memengaruhi rasa kue. Sebaliknya, Oyiner tidak bisa menggunakan soda kue untuk menggantikan baking powder.
Kue Apem Arab atau Kue Kamir
Catatan :
Oyiner = para pembaca blog oyin ayashi. tambahan kata er diambil dari bhs Inggris reader yang diartikan sebagai pembaca.

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Bedanya baking powder dan soda kue . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda