» » Manfaat Sinar Laser untuk kehidupan

Pembaca :

Sinar LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) dapat mencapai jarak jauh menembus angkasa luar tanpa menyebar dan menjadi lemah. Karena itulah, sinar laser dipakai sebagai media komunikasi penting antara bumi dengan angkasa luar contohya saat manusia, menginjakan kaki ke bulan.

Selain sebagai media komunikasi, banyak kegunaan laser yang lain, yang di manfaatkan dalam ilmu kedokteran, ilmu pengetahuan, dan industri. Sinar laser menghasilkan berkas yang sangat kuat sehingga dapat membakar atau melubangi lembaran baja dalam waktu kurang dari satu detik.


Pada awal perkembangannya, orang tidak menyebut dengan nama laser. Para ahli masa itu menyebutnya sebagai MASER (Microwave Amplification by the Stimulated Emission of Radiation. Dan orang yang disebut-sebut pertama kali mengungkapkan keberadaan maser adalah Albert Einstein antara tahun 1916 - 1917. 

Ilmuwan yang terkenal eksentrik ini juga yang pertama kali berpendapat bahwa cahaya atau sinar bukan hanya terdiri dari gelombang elektromagnetik, tapi juga bermuatan partikel dan energi. Dan dikenal lah apa yang disebut sebagai radiasi. Tapi maser dari Einsten ini baru sebatas teori. Teknologi pada dekade kedua abad 20 belum mampu mewujudkannya. Disamping itu, banyak ilmuwan yang menganggap teori dari Eisntein itu sebagai teori yang  kontroversial.


Perkembangan yang cukup penting terjadi pada tahun 1962 ketika seorang ilmuwan yang bekerja pada perusahaan General Electric, Robert Hall, menemukan laser semikonduktor berukuran mini dengan biaya murah. Biasanya mesin atau peralatan pemroduksi sinar laser berukuran besar. Laser buatan Rober Hall inilah yang hingga kini digunakan pada perangkat vcd dan dvd player, printer laser, pembaca kode bar, drive pada CPU, sistem komunikasi yang menggunakan serat optik, dan sebagainya.

Sebuah penemuan yang revolusioner dibuat pada tahun 1970 ketika Charles Kao dan George Hockham berhasil membuat apa yang sekarang disebut serat optik (fiberglass). Mereka berdua memang tidak membuat laser, tapi penemuannya sangat penting dalam penggunaan aplikasi laser.

Serat optik banyak digunakan dalam bidang komunikasi. Bidang inilah yang  dianggap sebagai pengguna terbesar aplikasi laser. Laser dan serat optik dua penemuan yang saling mendukung.

Ada berbagai jenis laser. Medium laser padat, gas, cair atau semikonduktor. Kekuatan sinar Laser biasanya ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan sebagai penguatnya.

Laser padat neodymium memancarkan cahaya inframerah 1.064 nanometer (nm). Laser Gas (helium dan helium-neon, hene, merupakan laser gas yang paling umum) memiliki output utama dari sinar inframerah. CO2 laser memancarkan energi lebih jauh dari pada inframerah, dan digunakan untuk memotong material keras.

Dye laser menggunakan pewarna organik kompleks, seperti rhodamine 6g, dalam larutan cair atau suspensi sebagai media penguat. Semiconductor laser, kadang-kadang disebut dioda laser, laser yg tidak solid-state.  Perangkat elektronik yg menggunakan ini umumnya sangat kecil dan menggunakan daya yang rendah.


Dalam kehidupan sehari-hari, laser digunakan pada berbagai bidang. Dalam penggunaannya, energi laser yang terpancar tiap satuan waktu dinyatakan dengan orde dari beberapa mW (Laser yand digunakan dalam system audio laser disk) sampai dengan beberapa MW (Laser yang digunakan untuk senjata).

Besarnya energi laser yang dipilih bergantung pada penggunaannya. Pemanfaatan sinar laser misalnya pada bidang kedokteran, pelayanan (jasa), industri, astronomi, fotografi, elektronika, dan komunikasi.

Dalam bidang kedokteran dan kesehatan, sinar laser digunakan antara lain untuk mendiagnosis penyakit, pengobatan penyakit, dan perbaikan suatu cacat serta penbedahan.

Pada bidang industri, sinar laser bermanfaat untuk pengelasan, pemotongan lempeng baja, serta untuk pengeboran.

Pada bidang astronomi, sinar laser berdaya tinggi dapat digunakan untuk mengukur jarak Bumi Bulan yang akurat.

Dala bidang fotografi, laser mampu menghasilkan bayangan tiga dimensi dari suatu benda, disebut holografi.

Dalam bidang elektronika, laser solid state berukuran kecil digunakan dalam system penyimpanan memori optik dalam computer.

Dalam bidang komunikasi, laser berfungsi untuk memperkuat cahaya sehingga dapat menyalurkan suara dan sinyal gambar melalui serat optik.

Dari berbagai sumber


Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Manfaat Sinar Laser untuk kehidupan . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda