» » Resep Tauge Goreng

Pembaca :

Karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang cukup banyak, taoge sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara teratur. Berikut ini beberapa manfaat tauge bagi kesehatan:

Mencegah kanker
Karena banyak mengandung serat dan air, taoge membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar sehingga tidak memberi kesempatan karsinogen (zat-zat penyebab kanker) menempati di dinding usus yang menyebabkan kanker usus besar. Penelitian di AS menunjukkan, pria yang banyak makan bahan makanan yang mengandung coumestrol yang terdapat pada taoge, jarang terkena kanker prostat.

Mencegah serangan jantung
Saponin pada taoge dapat menurunkan kadar kolesterol "jahat" LDL tanpa mengganggu kandungan HDL, si kolesterol "baik". Dengan demikian, risiko terkena serangan jantungnya turun.

Menguatkan tulang
Kandungan coumestrol yang merupakan estrogen alami berfungsi sama dengan esterogen sintetis tapi lebih baik karena tidak memiliki efek samping. Estrogen dalam taoge dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

Meningkatkan kekebalan tubuh
Taoge kaya zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Demikian juga kandungan saponinnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan kesuburan
Vitamin E yang banyak terkandung pada taoge dapat membantu meningkatkan kesuburan pada kaum perempuan, membantu mencegah kanker payudara, gejala PMS, pramenopause, dan gangguan akibat menopause. Sebagai sumber antioksidan, taoge juga mampu memperlambat proses penuaan dini.

Kecantikan kulit
Taoge baik untuk kecantikan, tentu saja karena kandungan vitamin E-nya. Vitamin ini berfungsi membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan vlek-vlek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut, dan melangsingkan tubuh.

Melancarkan pencernaan
Karena sifatnya yang basa, taoge sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan.

Setelah tahu manfaat si kecambah ini, sekarang kita ke dapur untuk memasak Tauge Goreng, berikut resepnya:

Saus :
3 sdm minyak sayur
5 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 buah tomat merah, potong-potong
2 batang bawang daun, iris 1 cm
10 batang kucai, iris 2 cm
500 ml air
100 g oncom, potong dadu kecil
4 sdm taoco
3 sdm kecap manis
2 sdm air jeruk limau
½ sdt garam
1 sdt gula pasir

Bumbu, haluskan:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai rawit
4 buah cabai merah

Pelengkap:
6 buah ketupat, potong-potong
200 g mi kuning, cuci bersih, tiriskan
300 g taoge, bersihkan, blansir
100 g tahu kuning goreng, iris

Cara Membuat:

  • Saus: Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga harum.
  • Masukkan tomat, bawang daun, dan kucai. Tuang air, masak di atas api kecil hingga tomat hancur. Tambahkan sisa bahan, masak hingga mengental. Angkat.
  • Tata pelengkap di piring saji. Siram dengan saus di atasnya.


Resep: femina



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Resep Tauge Goreng . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda