» » » Dahsyatnya Minum Air Putih 8 Gelas per hari

Pembaca :

Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama, maka haus merupakan salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Sedangkan waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu di pagi hari. Lalu, apa saja manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari bagi kesehatan tubuh?

Idealnya seseorang membutuhkan 8 (delapan) gelas air putih per harinya. Ini dikarenakan, banyak sekali aktivitas yang dilakukan yang dapat menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh. Jika kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif.

Pagi hari setelah bangun dari tidur merupakan waktu yang tepat untuk mulai minum air putih. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai manfaat minum air putih di pagi hari.

Selalu Tampil Awet Muda
Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di dalam darah melalui keringat dan urine sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

Peremajaan Otot dan Sel-Sel Darah
Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.

Penyeimbang Sistem Getah Bening
Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh.

Mengontrol Berat Badan Tubuh
Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Oyiners yang ingin menyesuaikan berat badan tetap proporsional, mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.

Usus Besar yang Sehat
Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernaan kita. Dengan minum air putih di pagi hari akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula.

Organ Ginjal Lebih Sehat
Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

Memperlancar Buang Air Besar
Seseorang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar di pagi hari sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkannya.

Makan dan minum merupakan dua hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa dua hal tersebut, mustahil manusia bisa bertahan hidup. Kebutuhan minum terutama air putih merupakan hal yang harus dipenuhi selain makanan yang bernutrisi dan bervitamin. Seperti yang kita ketahui, kandungan air di tubuh manusia mencapai 60 persen. Jadi minum air putih 6-8 gelas sehari merupakan sebuah keharusan untuk kebutuhan tubuh setiap manusia.

Lalu, bahaya apakah jika manusia kurang minum air putih bagi kesehatan...????

Air putih sangat baik untuk sel-sel otak kita. Fungsi air putih ini agar otak bisa berpikir lebih cepat, tidak mudah lupa atau pikun dan bisa berkonsentrasi untuk setiap aktivitas yang dijalankan. Jika kekurangan air terutama air putih akan menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang semestinya mengalir ke otak juga ikut berkurang. Sehingga menyebabkan sel - sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan.

Bahaya kurang minum air putih yaitu terasa haus, tenggorokan terasa kering, suhu badan menjadi panas, terkena gejala sakit kepala, air kencing akan bewarna pekat, denyut nadi yang terasa cepat, gejala halusinasi, dan juga berakibat fatal yaitu kematian.

Infeksi kandung kemih
Gejala infeksi kandung kemih yaitu suhu badan yang sedikit meningkat, terasa nyeri pada saat buang air kecil bahkan kadang kala terdapat darah dalam urine yang dikeluarkan.

Kulit kusam
Kulit tidak menunjukkan warna yang cerah dan awet muda karena aliran darah kapiler di kulit pada tubuh tidak maksimal.

Menganggu fungsi kerja ginjal
Ini dikarenakan air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Fungsi air putih pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil yang kita keluarkan setiap harinya.

Bagaimana jika terlalu banyak minum air putih..???

Jika ada yang bilang banyak minum air putih akan menyehatkan tubuh kita, ini merupakan anggapan yang kurang benar. Minum air putih terlalu banyak justru dapat membahayakan tubuh. Menurut Times of India, jika tubuh manusia menerima asupan cairan yang berlebihan akan menganggu kadar kekentalan darah dalam tubuh. Jika kadar kekentalan darah terganggu maka akan berdampak pula pada terganggunya sistem peredaran dalam tubuh. Ternyata darah yang terlalu kental di dalam tubuh akan menurunkan sodium sehingga menyebabkan pembengkakan sel dalam tubuh. Risiko terburuk dari pembengkakan sel tersebut yaitu kita akan mengalami pingsan, kejang-kejang, dan bahkan bisa menyebabkan koma.

Akibat palling buruk dari pembengkakan sel terutama di sel otak yaitu dapat menyebabkan kematian bagi manusia.

Oyiners, takaran air yang berlebihan di dalam tubuh kita juga dapat meningkatkan volume air dalam tubuh sehingga kondisi tersebut akan memaksa organ ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi jumlah air dalam sistem sirkulasi tubuh. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) memperkirakan ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air putih berlebihan.

Nah, kekurangan maupun berlebihan ternyata sam-sama kurang baik, maka bijaklah dalam mengonsumsi air minum…

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Dahsyatnya Minum Air Putih 8 Gelas per hari . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda