» » » Pahami label pada pakaian agar awet

Pembaca :

Pernah tidak dibuat kesal gara-gara udah beli baju mahal-mahal, jadinya malah cepat rusak? Jangan buru-buru menyalahkan penjualnya. Karena, bisa jadi ini karena kita kurang teliti membaca berbagai simbol di label baju. Agar tidak salah perawatan lagi, coba kita perhatikan penjelasan label yang terdapat pada pakaian.

Temperatur

temperatur
Simbol temperatur ini menunjukkan suhu yang dibutuhkan saat mencuci baju. Kalau ada tanda (-) di bawah tulisan temperatur, tandanya butuh perlakuan khusus pada bahan sintetik baju. Dua tanda (-), ini berarti perlu perawatan wool-wash yang tidak bisa dicuci di sembarang mesin. Tapi kalau tidak ada tanda (-), maka kita bebas mencuci dengan cara dan kondisi apapun, asalkan di bawah suhu 40 derajat.

Cuci dengan tangan atau cuci dengan mesin
Kalau ada simbol berbentuk tangan, tandanya kita bisa mencuci baju ini hanya dengan tangan. Jangan coba paksakan mencuci dengan mesin, karena akan membuat baju rusak. Sebaliknya kalau tidak ada gambar tangan, artinya baju bisa dicuci dengan menggunakan mesin.

mencuci pakaian
Mengeringkan
Biasanya ditandai dengan simbol lingkaran dalam sebuah kotak. Kalau ada satu tanda titik di gambar, artinya keringkan dengan suhu rendah. Dua titik, maka baju dapat dikeringkan dengan suhu tinggi. Tapi kalau ada tanda silang, ini berarti baju tidak bisa dikeringkan dengan mesin.

Menyetrika

menyetrika
Perhatikan simbol bergambar setrika di label baju. Gambar setrika dengan satu titik berarti baju harus disetrika dengan suhu rendah. Dua titik, baju sebaiknya disetrika dengan suhu hangat atau sedang. Tiga titik, artinya baju harus disetrika dengan suhu tinggi.

Dry Cleaning
Simbol ini biasanya ditandai dengan simbol lingkaran dengan huruf di dalamnya. Kalau ada simbol lingkaran di label pakaian, ini berarti kita bisa melakukan dry cleaning. Tapi kalau yang ada gambar lingkaran dan dicoret dengan tanda silang, kita tidak diperbolehkan dry cleaning. Dry cleaning biasanya dilakukan untuk menghilangkan noda membandel. Namun efek negatifnya, baju mudah mengkerut atau pudar.
dry cleaning

Pemutih
Simbol ini ditandai dengan logo segitiga. Jika ada logo segitiga, artinya kita boleh menggunakan pemutih. Sedangkan jika ada tanda silang di logo segitiga, maka jangan gunakan pemutih supaya baju tidak rusak.

Diperas
Kebiasaan kita setelah mencuci baju adalah memerasnya, supaya saat dijemur baju cepat kering. Tapi ada beberapa baju yang tidak boleh diperas. Kalau tidak ada tanda silang di label bergambar ‘baju yang sedang diperas’, jangan peras baju. Tapi kalau tidak ada tanda silang, kita boleh memeras baju tersebut.

logo pemutih
jangan diperas
menjemur pakaian


*dari berbagai sumber

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Pahami label pada pakaian agar awet . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda