» » » Sambal Sebagai Diet Pelangsing

Pembaca :
Umumnya orang Indonesia menganggap makan tanpa sambal terasa belum lengkap. Hampir semua masakan Nusantara selalu diiringi dengan sambal. Bahkan di Manado, pisang goreng pun dimakan dengan sambal. Jika sambal tak tersedia di meja, beberapa potong gerusan cabai merah atau cabai rawit bisa sebagai teman makan.

Ternyata cabai juga bisa untuk menurunkan berat badan, seperti yang dilansir oleh hellobeautiful. Anda gemar makanan pedas? Mengapa Anda menyukai makanan pedas? reputasi makanan pedas yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme sangat populer. Tapi apakah benar begitu ?

True or false eating spicy foods will helpyou lose weightnEating Chili might temporarily boost your metabolism and help you burn calories. Chii have a thermogenic effect, though the benefits might be small and temporary.

Cabai memiliki efek termogenik, meskipun manfaatnya mungkin kecil dan bersifat sementara. Metabolisme dapat dibagi menjadi tiga bagian terpisah. Tingkat metabolisme dasar adalah energi yang digunakan untuk menjaga fungsi tubuh melalui proses kimia yang tak terhitung jumlahnya meliputi sirkulasi darah, pertumbuhan sel baru dan produksi hormon. Proses tersebut menyumbang antara 50 dan 80 persen dari energi yang dikeluarkan.

Aktivitas fisik akan menggunakan sekitar 20 persen energi. sedangkan metabolisme dan pencernaan, menyumbang hingga 10 persen dari rangkaian metabolisme. Makan makanan pedas idealnya akan meningkatkan efek termal dari makanan dan meningkatkan jumlah energi yang digunakan pada pencernaan.

Jika kita dapat membakar ekstra 100 kalori atau lebih setiap hari dengan mengonsumsi makanan pedas, Anda bisa kehilangan sekitar 1 Kg per bulan tanpa membuat perubahan pola makan lainnya. Memang makanan pedas tidak secara signifikan meningkatkan metabolisme seseorang atau membantu membakar kalori yang signifikan. Tingkat metabolisme Anda ditentukan oleh jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, komposisi tubuh, dan usia.


Tentu saja jika sekedar cabai yang langsung kita makan terasa kurang nyaman, sebagai variasi makan pedas, Kali ini Oyin berbagi info olahan sambal dari beberapa daerah di Nusantara.

Mengapa sambal begitu populer di Nusantara dan nyaris menjadi makanan utama, bukan sekedar pelengkap? Hal ini dikarenakan seni kuliner Nusantara bersifat hidangan dingin. Sehingga cabai menjadi hal penting dalam setiap masakan. Rasa pedas cabe tidak hanya memberikan rasa yang menggugah selera tetapi juga memiliki fungsi sebagai pengganti temperatur panas.

Jacob de Bondt alias Bontius, dokter VOC yang juga dokter pribadi Jan Pieterszoon Coen pernah menyebut adanya Ricino Brasiliensi atau lada Chili vocato. Menurutnya ini adalah lombok, cabai merah atau yang dikenal sebagai cabai Brazil.

Orang Brazil sendiri menyebutnya Chili lada. Sementara itu ada yang berpendapat bahwa asal kata nama ricino dari recche atau reche berasal dari bahasa Portugis. Kata ini mengingatkan kita pada kata rica yang juga mengacu pada cabai atau lombok.
“Soya, Gengber, Loock en Ritsjes
Maeckt de maegh wel scharp en spitsjes”.
(Kedelai, jahe, bawang putih dan cabai
Membuat perut melilit seperti diaduk-aduk karena pedas )
Sambal terasi seleraku
Berbagai masakan sambal dari beberapa daerah dinusantara diantaranya adalah :
Sambal Rica (Manado)
Sambal Dabu Dabu Lilang (Manado)
Sambal Embe (Bali)
Lado Mudo ( Sumatera Barat )
Sambal Kemiri ( Jawa Tengah )
Sambal Bajak (Banten)
Demikian beberapa jenis sambal yang dapat Oyin sampaikan, sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis sambal ini, jika berminat sobat bisa tanyakan pada mbah gugel, disana banyak sekali artikel yang membahas tentang sambal selera Nusantara..



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by dhea

bean
Hi there!, You just read an article Sambal Sebagai Diet Pelangsing . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda