» » Kimchi dan Gadis Cantik Korea

Pembaca :

Bicara mengenai kebudayaan Korea tak terlepas dari kulinernya yang identik dengan kimchi. Kimchi memang telah menjadi hidangan nasional yang dibanggakan Korea. Secara tradisional, kimchi difermentasikan di bawah tanah dengan memasukkannya ke dalam stoples atau kuali dari tanah liat yang diletakkan di bawah tanah selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Sampai sekarang praktik ini masih cukup banyak dilakukan di Korea.

Memang tak diketahui siapa orang yang pertama kali menciptakan kimchi. Yang pasti, kimchi pernah menjadi bahan makanan pokok tentara Korea Selatan saat terlibat dalam Perang Vietnam. Kala itu, pemerintah Korea meminta bantuan Amerika Serikat untuk memastikan bahwa pasukan mereka yang dilaporkan putus asa dalam hal makanan bisa mendapatkan kimchi di medan perang.

Kimchi awalnya hanya dibuat dari kubis dan daging sapi. Ini karena cabai merah belum ditemukan di Korea sebelum kontak mereka dengan Eropa dan Amerika. Cabai diperkenalkan ke Korea dari Jepang setelah invasi Jepang (1592-1598) dan menjadi bahan pokok pembuatan kimchi.

Kimchi memang telah menjadi hidangan nasional yang dibanggakan Korea. Namun, jauh sebelum kimchi sepopuler sekarang, ia hanyalah makanan rakyat kelas bawah yang sengaja dibuat untuk persediaan makanan di musim dingin.

Saat ini, terdapat begitu banyak varian kimchi yang terbuat dari beragam jenis sayur-sayuran. Museum Kimchi di Seoul telah mendokumentasikan 187 varian kimchi. Bahan dapat diganti atau ditambahkan tergantung pada jenis kimchi yang dibuat. Namun, bumbu yang paling umum adalah air garam, daun bawang, rempah, jahe, lobak parut, bawang putih, saeujeot (saus udang) dan aekjeot (kecap ikan).


Makanan tersehat di dunia
Beberapa waktu lalu, kimchi dinobatkan sebagai salah satu makanan tersehat di dunia oleh beberapa majalah dan ahli kesehatan di dunia karena manfaatnya yang luar biasa, mulai dari melancarkan pencernaan hingga mengurangi pertumbuhan kanker. Tentu saja, karena terbuat dari sayur-sayuran, kimchi mengandung konsentrasi tinggi serat makanan dan rendah kalori.

Satu porsi kimchi mengandung lebih dari 50 persen asupan harian vitamin C dan beta karoren yang disarankan. Sebagian besar varian kimchi juga mengandung daun bawang, bawang putih dan cabai yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kimchi juga sangat kaya akan vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium, dan zat besi serta mengandung bakteri asam laktat yang menyehatkan.

Meski begitu, sebuah studi yang pernah dilakukan di Korea selatan pada tahun 2005 silam pernah mengungkapkan bahwa bila dikonsumsi secara berlebihan, kimchi justru mampu meningkatkan risiko kanker lambung, terutama bagi orang dengan ciri-ciri genetik tertentu.

Okey, Guys nanti kita lanjutkan pada kesempatan lain apa saja jenis olahan berbahan Kimchi.



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Kimchi dan Gadis Cantik Korea . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda