» » Buah langka yang memiliki rasa eksklusif

Pembaca :
Indonesia memiliki aneka buah yang unik dan nikmat. Sayangnya beberapa buah asli Indonesia ini sudah mulai langka. Inilah beberapa jenis buah langka yang Oyin peroleh.

Buah Rukem (Flacourtia rukam) :



Buah Rukem banyak tumbuh di daerah Sumatra, Pulau Bangka, dan Pulau Belitung. Batang pohonnya berduri, sedangkan rasa buahnya manis. Namun apabila masih mentah buah ini berwarna hijau dan rasanya sepat sekali. Buah ini biasanya dibuat asinan ataupun dimakan mentah.

Buah Rambai (Baccaurea motleyana) :



Buah yang satu ini rasanya manis-manis asam, secara fisik mirip duku, saat berbuah buahnya menjuntai ke bawah dari batang pohonnya. Kulitnya lebih tipis dari duku. Pohonnya lebih besar dari duku. Di Bangka, buah ini banyak digunakan untuk campuran masak ikan sebagai pengganti asam.

Buah Kemunting atau Kerak duduk (Rhodomyrtus tomentosa) :



Hidup di daerah yang berpasir, buah ini tidak mengenal musim, dan rasanya manis. secara fisik buah ini kecil-kecil sebesar jempol orang dewasa, dalam satu batang, buah ini sangat banyak.

Pohonnya relatif kecil paling besar sebesar kaki orang dewasa, itupun jarang kebanyakan hanya sebesar jempolan orang dewasa. Buah ini banyak terdapat di daerah pasiran Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

Buah Kelubi (Eleiodoxa conferta) :



Buah kelubi hidup di daerah perairan yang ada di dalam hutan, atau daerah air payau, buah ini mirip sekali dengan salak, saking miripnya banyak orang mengira ini adalah buah salak, namun rasanya sangat asam, biasanya sebelum dimakan buah ini diasinkan dulu untuk menghilangi rasa asamnya.

Buah Rumbia (Metroxylon spp) :



Buah rumbia adalah buah yang dihasilkan dari pohon sagu. Buah ini rasanya manis-manis sepat. Biasanya diasinkan dulu untuk menghilangkan rasa sepatnya. Namun sepatnya buah Rumbia ini tidak sebanding dengan sepatnya buah Rukem yang mentah. Jadi kalau langsung dimakan tidak masalah.



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Buah langka yang memiliki rasa eksklusif . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda