» » » Awas jangan sampai Kecanduan Kopi

Pembaca :
Konsumsi kopi terlalu berlebihan memang bisa mengakibatkan kecanduan dan dapat menimbukan efek bahaya bagi tubuh. Karena kopi adalah minuman yang dapat merangsang serta memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran yaitu menyegarkan serta menambah energi baik secara fisik maupun mental.

Kopi juga merangsang otak dan membuat tubuh melepaskan hormon stres dalam darah. Jika stimulasi yang diberikan terlalu berlebihan akan menyebabkan tubuh terjaga dan secara praktis merampas pikiran dan energi.

Seperti dikutip dari Hubpages, kecanduan kopi biasanya terjadi jika timbul suatu keinginan yang kuat untuk minum kopi setelah dihentikan beberapa waktu. Saat pecandu kopi tak minum kopi, mereka akan merasakan tanda-tanda seperti:
  • Rasa lelah sepanjang hari
  • Perut mulas
  • Mudah marah
  • Terjadi gangguan tidur
  • Rasa tidak nyaman di leher, bahu, punggung, perut, tangan dan kaki
  • Sembelit
  • Perasaan khawatir dan gelisah
  • Sulit konsentrasi
  • Pusing
Gejala yang timbul ini merupakan bagian dari penarikan kafein (withdrawal) yang akan timbul setelah 12 hingga 24 jam dari waktu terakhir kali orang tersebut mengonsumsi kopi.
Salah satu fakta yang paling menarik mengenai kecanduan kopi adalah meningkatnya toleransi tubuh terhadap zat yang terkandung di dalam kopi.

Peningkatan toleransi ini menunjukkan semakin banyaknya jumlah zat yang diminta tubuh agar bisa memberikan efek yang sama pada tubuh dan pikiran. Dengan kata lain jika dulu dibutuhkan hanya secangkir kopi, maka lama kelamaan membutuhkan lebih dari 1 cangkir.

Jika seseorang sudah kecanduan kopi, maka hal penting yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsinya secara perlahan-lahan. Langsung berhenti tidak mengonsumsi kopi sama sekali bukanlah hal yang mudah, karena bisa menimbulkan efek yang membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Hal penting yang harus dilakukan saat ingin menghilangkan kecanduan adalah mengonsumsi air putih yang cukup, makan seimbang dan olahraga secara teratur. Karena faktor ini bisa mengurangi efek withdrawal atau penarikan kafein. Jika kecanduan kafein atau kopi tidak segera ditangani, maka nantinya dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular, sistem saraf, dan sistem pencernaan.


Kopi memang disebut ampuh dalam mencegah diabetes, namun jika Oyiners kerap memanfaatkan kopi hanya untuk begadang, kebiasaan itu bisa berbahaya. Sebelum terlambat, coba simak tips menghentikan kecanduan kopi berikut ini:

Menghitung
Sebagai permulaan, hitung berapa cangkir kopi yang Oyiners nikmati dalam sehari. Ingat, kopi mengandung kafein yang tinggi dan bisa memberi efek buruk bagi kesehatan. Dengan menghitung konsumsi kopi, Oyiners bisa membatasi diri untuk tidak minum berlebihan.

Air putih
Daripada kopi, sebaiknya minum air putih delapan gelas setiap hari. Selain menyehatkan, air putih memang lebih dianjurkan untuk diminum dalam jumlah banyak.

Strategi
Apakah Oyiners biasa minum delapan cangkir kopi atau lebih dalam sehari? Jika iya, gunakan strategi untuk mengurangi konsumsi kopi secara berkala. Dengan cara ini, sakit kepala yang Oyiners alami akibat kecanduan kopi bisa perlahan-lahan sirna.

Teh
Teh hitam mirip dengan kopi, namun dengan sedikit kafein. Oyiners pun bisa beralih minum teh hitam jika mengalami kecanduan kopi. Teh hijau dan teh putih juga pilihan minuman lain yang lebih menyehatkan.

Ampas kopi
Menghentikan kecanduan juga bisa dilakukan dengan mencicipi ampas kopi. Ketika merasakan pahitnya, maka Oyiners akan berpikir ulang untuk menikmati kopi secara berlebihan.

Jus
Selain air putih dan teh, sebaiknya minum jus buah dan sayuran sebagai pengganti kopi. Jus buah dan sayur jelas lebih segar, bergizi, dan baik bagi tubuh.

Dukungan
Temukan orang lain yang juga ingin menghentikan kecanduan minum kopi. Jika bisa menemukan dukungan dari orang lain, usaha Oyiners pasti akan jauh lebih mudah dan efektif.

Lampu
Karena masalah susah bangun, kebanyakan orang memilih untuk minum kopi. Jika hal ini terjadi pada Oyiners, nyalakan lampu ketika tidur atau buka jendela kamar agar cahaya matahari masuk ke kamar. Dengan adanya penerangan, Oyiners bisa bangun dengan alami tanpa bantuan kopi.



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Awas jangan sampai Kecanduan Kopi . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda