» » Pasar awul-awul di Semarang
author-photo

Pembaca :
Bentuknya bukan pasar permanen, Pasar ini hanya ada pada malam minggu atau hari minggu pagi. Orang biasa menyebut pasar kaget. Cerita tentang belanja dengan harga murah dan barang dagangannya tak kalah menarik dengan yang dijajakan di mall, disinilah tempatnya.

Dahulu Pasar Awul-Awul terletak di Simpang Lima, tetapi karena ada kebijakan ketertiban yang dilakukan oleh Walikota, maka pasar ini kemudian dipindahkan ke sekitar gedung RRI.

Dipasar Awul-Awul kita bisa menemukan kebutuhan apa saja, seperti sepatu, sandal, baju, celana, pakaian dalam, furniture, jamu kuat sampai pakaian bekas. Konon menurut cerita, kemungkinan bisa ketemu jodoh bagi yang belum punya pasangan sangat dimungkinkan. Karena pengunjung pasar ini beragam, mulai dari anak-anak, remaja, sampai kakek-nenek.

Berbicara masalah pakaian bekas, ternyata menjadi awal mula pemberian nama pasar kaget ini. “Awul-Awul” berasal dari bahasa Jawa yang artinya meng-obrak-abrik atau membolak-balik untuk menemukan sesuatu yang kita cari, hal ini Seperti saat kita memilih pakaian bekas ditumpukan  yang menggunung, mencari-cari pakaian sesuai keinginan sebelum melakukan transaksi. Tapi tidak semuanya barang yang dijajakan disini barang bekas, banyak juga barang-barang baru keluaran pabrik atau industri rumahan.

Di pasar Awul-Awul, kita bisa membeli beragam barang yang menarik dengan harga relatif murah, misalnya :

Celana Lukis, celana yang dihiasi gambar menarik dan lucu dengan sapuan warna-warna yang mencolok, sehingga jika kita memakainya, dapat menjadi fokus perhatian orang banyak, bak selebriti top. Harga yang ditawarkanpun tidak terlalu mahal, mulai dari Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 25.000,- tergantung motif dan bahannya.

Minggu pagi saat jalan masih sepi, naik sepeda menuju pasar awul-awul

Baju baru seperti baju batik, baju lurik, baju Bali, baju Koko, jas, jaket, baju formal maupun non formal, blangkon, harganya berkisar mulai dari Rp. 10.000,-. seluruh harga yang ditawarkan tidak mengikat, alias bisa ditawar, jadi pandai-pandailah menawar jika berminat.

Pakaian bekas, yang ingin berpenampilan trendy tapi dana pas-pasan, tidak perlu kuatir, pasar ini sangat mengerti keadaan calon pembeli, para pedagang sudah menyiapkan dagangan yang harganya sangat terjangkau. Malu ? tidak ada kata malu memakai pakaian bekas, karena pakaian bekas disini diimpor dari negara kaya, sehingga banyak pakaian branded yang sudah tidak mereka pakai bisa kita manfaatkan, toh teman yang melihat kita memakai pakaian braded (bekas) tidak mungkin tahu kalau pakaian yang kita pakai ini di beli dari pasar awul-awul.

Kita lebih malu jika memakai barang baru tapi dengan merek braded palsu, seperti Bra Thryum dipalsu jadi Thrumpal, Tshirt Crocodile dirubah menjadi Cocrodile, Levis menjadi Levies atau Blackberry jadi Blueberry, NOKIA jadi NOKIE Dll..

Pakaian bekas ada yang ditawarkan empat baju Rp. 10.000,-, berarti satu baju senilai Rp. 2.500,- lebih murah dari semangkuk bakso. Dan tidak sedikit pakaian branded dari berbagai merek terkenal tersedia disini.

Sandal jepit aneka motif dengan harga berkisar Rp.15.000,- sampai Rp. 30.000,-. Untuk sepatu Cowboy yang terbuat dari kulit rusa sintetis sekitar Rp. 30.000, sampai Rp. 100.000,- Dan semua harga tersebut tidak mengikat, artinya masih bisa ditawar.
  • Peralatan make up bagi cewek juga tersedia disini seperti gincu atau bedak dengan merek terkenal sepertu Kanebo, RedEye, Revlon, Pinky Dll. (saran untuk tidak dibeli, red.oyin)
  • Berbagai macam alat pertukangan, tang, obeng, palu gergaji juga tersedia disini. 
  • Peralatan dapur seperti panci, penggorengan juga banyak dijajakan tinggal pilih sesuai kebutuhan.
  • Barang elektronik kelas bawah (low end) bertebaran jenisnya mulai dari radio, Handphone, pemutar CD/DVD, dll.
  • Pedagang barang hiburan berupa CD dan DVD bajakan bisa kita temukan.
  • Sayur mayur, ikan dan buah segar tak ketinggalan, tinggal pilih sesuai selera..

Setelah capek berkeliling memborong barang-barang, kini saatnya memanjakan lidah dengan berbagai hidangan yang tersedia mulai dari makanan ringan, makanan khas daerah sampai makanan berat seperti lontong capgomeh, wajik srondol, peyek kumis lele, tahu pong, sate kikil, cimol, getuk lindri, rujak ulek, es campur duren, susu murni Boyolali, tahu gejrot Cirebon, mi ayam jamur, bakso ikan cucut, lumpia, es dawet gula aren, Sego gandul dan banyak lagi semua tersedia..

Please Come in and taste...



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Dony Jr

bean
author-photo
Hi there!, You just read an article Pasar awul-awul di Semarang . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda