» » Kehidupan Masyarakat Perbatasan

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan dari dan ke daerah pedalaman.

Terisolir dan jauh dari perhatian. Itulah kesan pertama saat melihat dari dekat desa-desa di perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, dengan Sarawak Malaysia.

Bumi Kalimantan yang kaya dengan sumber daya alam  tapi  minim fasilitasnya membuat warganya bertahan hidup dalam kesederhanaan, tepatnya jauh dari kata sejahtera dan layak. Kondisi ini bertolak belakang dengan tetangga mereka, Malaysia, yang memang dekat secara geografis maupun emosional. Mereka memiliki aksen bahasa yang sama; dan biasanya masih memiliki ikatan darah atau keluarga.

Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Suku Dayak adalah suku asli Kalimantan yang hidup berkelompok yang tinggal di pedalaman, di gunung, dan sebagainya. Kata Dayak itu sendiri sebenarnya diberikan oleh orang-orang Melayu yang datang ke Kalimantan. Orang-orang Dayak sebenarnya keberatan memakai nama Dayak, sebab lebih diartikan agak negatif. Padahal, semboyan orang Dayak adalah “Menteng Ueh Mamut”, yang berarti seseorang yang memiliki kekuatan gagah berani, serta tidak kenal menyerah atau pantang mundur.

Foto-Foto kehidupan suku Dayak

Sumpit-dayak

Sumpit-dayak-2

Menggambar tato

Imam Dayak

Anak cino

Sungai kapuas

anak-anak-pedalaman

gadis-dayak

Sungai kapuas

Rumah keluaraga kurang mampu

Ibu sedang berjuang

Sedang memilah daun tembakau

Rumah panggung

Numpak Cukrik

Cukrik melewati kota

Katiling

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Oyin Ayashi

bean
Hi there!, You just read an article Kehidupan Masyarakat Perbatasan . Thank on your visiting. We a true enthusiast in Blogging. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Silakan tulis komentar dengan akun facebook Anda

Silakan tulis komentar dengan akun google Anda


1. Jika ingin menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya dengan tool Konversi Kode.
2. Jika Anda ingin berkomentar dengan emoticon silakan klik tombol emoticon.
3. Jangan berkomentar yang mengandung sara.
4. Jangan menyertakan link hidup karena tidak akan muncul.
5. Terima kasih Untuk yang telah memberikan komentar
Buka Konversi Kode Tutup Konversi Kode Buka Emoticon Tutup Emoticon