» » Warung kejujuran ala Jepang

Pembaca :
Para petani Jepang yang memiliki sisa hasil kebun akan menjualnya dengan membuka lapak (warung) dengan cara unik yaitu jualan tanpa harus ditunggui.

Karena banyaknya para petani yang membuka lapak, maka kalau dilihat, tidak ubahnya seperti pasar tradisional yang ada di Indonesia, perbedaannya yaitu tidak ada orang yang menjaga di lapak atau warung tersebut.

Nah, ini dia sebenarnya yang ingin Oyin bahas, yaitu KEJUJURAN yang menurut Oyin saat ini semakin langka di dunia, terutama di Indonesia.

Oyin sempat membaca berita bahwa ada sekolah menengah di Indonesia yang mendirikan "kantin kejujuran" dan hanya dalam waktu hitungan minggu, kantin tersebut bangkrut karena ternyata banyak siswa/siswi yang tidak membayar sehabis makan.

Padahal di lain sisi, kantin itu berada di salah satu sekolah favorit di daerahnya yang berarti pasti sebagian besar siswa/siswi di sana dari golongan cukup mampu.

Maaf kalau Oyin tidak sependapat dengan anggapan bahwa "orang yang tidak jujur itu pasti identik dengan orang miskin" dan karena mereka tidak punya uang, sehingga mereka berbuat tidak jujur.





KEJUJURAN bukanlah sesuatu yang bisa diukur dari banyaknya materi maupun tingkat pendidikan tetapi lebih ke moral dan rasa malu yang bisa ditanamkan oleh orang tua maupun lingkungan sekitar.


Dalam hal ini, kita tidak harus selalu mencontoh teknologi yang berasal dari Jepang tetapi tidak ada salahnya kita juga mencontoh moral dan rasa malu yang mereka miliki.


Memang, tidak semua orang Jepang di sana jujur tetapi setidaknya kalau bicara persentase, tentu jauh lebih baik dari negara kita.




Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Warung kejujuran ala Jepang . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda