» » Jahe Merah untuk Vitalitas Bapak

Pembaca :
Indonesia adalah negara yang kaya akan potensi alam, terutama di bidang pertanian, baik dari hulu hingga ke hilir. Salah satu hasil pertanian di Indonesia yang banyak digemari adalah tanaman rempah-rempahan, salah satunya adalah jahe.


Jahe terdiri dari tiga macam yaitu jahe putih, jahe kecil/jahe emprit, dan jahe merah. Ketiganya memiliki khasiat yang hampir sama namun juga memiliki kelebihan masing-masing terutama jahe merah.

Jahe merah adalah tanaman semusim dengan tinggi sekitar 40 sampai dengan 50 cm. Perbedaan jahe merah dengan tanaman jahe biasanya adalah rasanya yang lebih pedas, rimpangnya lebih kecil, dan warnanya yang kemerah-merahan berbeda dengan varietas jahe lain yang cenderung berwarna putih.

Seperti telah diketahui, jahe merah (zingiber officinale roscoe) merupakan rempah-rempah Indonesia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada bidang kesehatan. Jahe merah berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina.

Jahe merah termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), satu keluarga dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak (Curcuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), serta lengkuas (Languas galanga).

Jahe merah digunakan di seluruh dunia sebagai bahan masakan pedas, rempah-rempah, dan obat herbal. Di Cina, India, Malaysia, Arab, Afrika, dan Indonesia, jenis tanaman berumbi ini banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu.

Beberapa penelitian telah membuktikan jahe memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Kandungan senyawa jahe merah yang berpengaruh dalam aktivitas antioksidan juga telah ditemukan dan beberapa di antaranya telah diidentifikasi, di antaranya adalah ditemukan bahwa jahe merah merupakan sumber utama melatonin yang mampu melindungi DNA dari kerusakan akibat radikal bebas.

Keuntungan Budidaya Jahe Merah

Siapa sangka di balik tumbuhan yang sederhana ini terkandung banyak sekali manfaat yang ada di dalamnya. Tentu akan sangat membantu jika kita mempunyai banyak cadangan jahe merah di rumah, sehingga jika keadaan darurat tidak sulit untuk mendapatkannya.

Budidaya jahe merah cukup mudah. Bibit yang telah dibeli disemai selama lebih kurang dua minggu hingga muncul tunas, kemudian dipindahkan ke dalam polibag atau karung. Setelah dirawat, jahe merah usia 9-11 bulan sudah bisa dipanen.

Selain mudah, keuntungan finansial yang didapat dari budidaya jahe merah juga cukup menggiurkan. Jika untuk 1 polibag yang berisikan 3 pucuk jahe merah modal yang diperlukan sebesar Rp5.000, kemudian pada saat panen setiap polibag menghasilkan 9 kg (3kg/pucuk) dan dijual seharga Rp25.000/kg, maka hasil yang didapat sebesar 9kg x Rp25.000 = Rp225.000 atau untung Rp220.000. Itu baru perhitungan 1 polibag saja.

Jika kemudian membudidayakan jahe merah sebanyak 100 polibag maka modal yang dibutuhkan hanya Rp. 500.000, namun keuntungan yang didapat akan berkali lipat, yaitu sebesar Rp. 22.000.000.

Tingkat kebutuhan akan jahe merah tentu kian meningkat di masa mendatang sehingga harga jual akan terus melambung, maka bayangkan berapa keuntungan yang didapat dari usaha budidaya jahe merah ini.

Jahe merah dengan nama latin Zingiber officinale mengandung berbagai macam zat yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh, seperti cineole merupakan zat yang berfungsi sebagai pemicu aktivitas syaraf pada tubuh, dapat memicu ereksi, dan mengatasi ejakulasi dini. Zat arginine yang terdapat pada jahe merah berfungsi menjaga daya tahan sperma sehingga ini sangat bermanfaat bagi anda yang belum memiliki keturunan yaitu dengan mengkonsumsi jahe merah.

Jahe merah mempunyai khasiat antara lain melancarkan air susu ibu yang sedang menyusui, dapat juga meredakan asma, jika anda nyeri lambung jahe merah juga dapat digunakan sebagai obat, mengobati radang tenggorokan,berbagai penyakit seperti sakit pinggang, rematik juga dapat diobati dengan jahe merah. Jika Oyiners loyo dan kurang bersemangat jahe merah dapat membantu untuk meningkatkan stamina. Begitu banyak manfaat dan khasiat jahe merah bagi kesehatan dan berikut ini Oyin akan bahas satu per satu cara mengolah dan membuat jahe merah agar menjadi obat yang bermanfaat bagi kesehatan

Jahe Merah bermanfaat mengatasi Stroke
Kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh lama-kelamaan akan menyumbat pembuluh darah dan akan menimbulkan stroke. Untuk mengatasi stroke dengan jahe merah adalah sebagai berikut.

  • Siapkan daun ciremai 30gr
  • jahe merah 30 gr
  • pule pandak 30gr
  • daun buah mengkudu 30gr
  • pule pandak 30gr
  • dan 5 gelas air
Setelah bahan-bahan tersebut dicuci hingga bersih, rebuslah dengan 5 gelas air tadi, cek kira-kira rebusan sudah menjadi 2 gelas, maka dinginkan dan kemudian saring agar sisa-sisa rebusan terpisah. Setelah itu minumlah dengan jadwal minum pagi, siang, dan sore setiap hari dengan setiap minum setengah gelas.


Jahe Merah untuk Vitalitas Pria Dewasa
Selain dapat mengatasi stroke, jahe merah juga berkhasiat meningkatkan vitalitas pria, cara untuk mengolah jahe merah sehingga menjadi ramuan ajaib adalah sebagai berikut:

  • siapkan lempuyang wangi 10gr
  • satu sendok makan madu
  • jahe merah 10gr
  • temulawak 10gr
  • ketumbar 5gr
  • dan air mendidih 100cc
Tumbuk jahe merah, temulawak, lempuyang wangi, dan ketumbar kemudian seduh dengan air mendidih dan campurkan madu, setelah itu seduh selagi hangat pada saat malam hari.

Jahe Merah mengatasi Batuk
Jahe merah juga dapat mengatasi batuk dan sakit tenggorokan, karena rasanya yang hangat membuat tenggorokan menjadi sehat. Caranya adalah dengan mengambil jahe merah dan dibuat jus lalu campur dengan 1 sendok makan madu, minum 3 kali sehari.

Jahe Merah untuk mengatasi Sakit Sendi
Jahe merah mempunyai rasa yang pahit dan pedas dibandingkan dengan jahe lain, akan tetapi dibalik semua itu terdapat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, salah satunya adalah mengobati reumatik.

  • Siapkan jahe merah segar 20gram
  • daun komfrey 30gram
  • kumis kucing 30gram
  • temulawak 20gram
  • cabe jawa 20gram
  • dan 4 gelas air minum
Cucilah bahan-bahan tersebut sampai bersih lalu lembutkan atau potong-potong dan rebuslah hingga air rebusan menjadi 2 gelas dan yang terakhir saring sehingga ampasnya terpisah. Minumlah 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas lagi di sore hari, agar rasanya lebih enak campurkan 2 sendok makan madu.

Jahe Merah mengatasi Tulang Keropos
Ramuan untuk mengobati tulang keropos dengan menggunakan jahe merah adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kayu manis 20gram
  • Kacang hijau 30gram
  • Merica 15gram
  • Jahe merah segar 20gram
  • Kapulaga 10 gram
  • dan 4 gelas air
Semua bahan tersebut dicuci hingga bersih kemudian ditumbuk, rebus hingga air rebusan menjadi 2 gelas dan jangan lupa untuk disaring agar ampas dari bahan-bahan tersebut terpisah. Minumlah 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di sore hari, agar rasanya lebih enak bisa menggunakan 2 sendok makan madu untuk campurannya.

Selamat mencoba Oyiners……



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Jahe Merah untuk Vitalitas Bapak . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda