» » Perbedaan Fast Food dan Junk Food
author-photo

Pembaca :


Junk food dan fast food sebagai makanan cepat saji sering dikira adalah jenis makanan yang sama. Padahal, makanan cepat saji yang menyehatkan dan tidak.

Gaya hidup saat ini yang serba instan membuat junk food semakin populer. Definisi dari junk food sendiri pun menjadi sering disalahartikan. Istilah junk food dalam ilmu gizi merupakan sekelompok makanan yang minim gizi, vitamin, dan mineral. Kelompok makanan ini umumnya juga tinggi kalori dari lemak dan gula.

Junk food berbeda dengan fast food. Tidak semua makanan cepat saji adalah junk food, ada juga yang sehat. Contoh fast food yang baik dikonsumsi misalnya adalah buah potong segar atau salad. Asupan ini juga cepat saji, namun tidak membahayakan kesehatan.

Buah dan sayur mengandung nutrisi unik yang disebut sebagai fitonutrisi atau fitokimia. Asupan khas yang hanya ada di buah dan sayur ini kaya antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi fast food yang satu ini.

Perbedaan fast food dan junk food:

Secara bahasa
Setelah diterjemahkan dari Bahasa Inggris, fast food artinya makanan cepat saji, sedangkan junk food adalah makanan sampah. Makanan cepat saji sendiri adalah makanan yang cara penyajiannya memerlukan waktu yang singkat sehingga sangat praktis untuk dikonsumsi orang-orang dengan mobilitas atau rutinitas yang tinggi.  Sedangkan junk food adalah makanan yang penyajiannya cepat namun tidak memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Kandungan nutrisi
Fast food sendiri sebetulnya adalah makanan yang disajikan dalam rentan waktu yang cepat, dan memiliki kandungan nutrisi yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin, mineral kita sehari-hari. Sedangkan junk food yaitu makan yang sangat minim kandungan nutrisinya dan tidak akan mencukupi kebutuhan  karbohidrat, vitamin, mineral kita sehari-hari. Parahnya junk food sangat tinggi kadar lemak dan garamnya karena biasanya makanan junk food adalah makanan yang digoreng atau dipanaskan berkali-kali

Penyajian
Menurut penyajiannya, fast food juga lebih semarak dengan kehadiran berbagai jenis bahan makanan yang dijadikan satu. Untuk lebih jelasnya beberapa contoh makanan fast food yaitu gado-gado, pecel, ketoprak, kredok, soto ayam, dan lain-lain. Lain hanlnya dengan penyajian junk food yang biasanya terdiri dari 1 atau 2 bahan makan saja misalnya ayam goreng krispi, burger, kentang goreng, gorengan, dan semacamnya.


Jadi jangan salah lagi dalam membedakan keduanya karena Anda sudah tahu perbedaan fast food dan junk food.


Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Oyin Ayashi

bean
author-photo
Hi there!, You just read an article Perbedaan Fast Food dan Junk Food . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Previous
This is the most recent post.
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda