» » Fakta Unik Ubur-ubur

Pembaca :

Ubur-ubur dikenal memiliki sengatan yang jahat sehingga menjadi salah satu hewan yang ditakuti banyak orang yang berlibur ke pantai. Namun, sesungguhnya banyak fakta lain yang bisa kita ketahui tentang ubur-ubur. Mereka memiliki beberapa karakteristik yang unik dalam sejarah dan siklus kehidupan mereka.

Ubur-ubur terbuat lebih dari 95% air
Tubuh ubur-ubur sangat lembut dan halus. Mereka juga tidak memiliki struktur rangka atau cangkang luar. Ubur-ubur membutuhkan air untuk kebutuhan tubuh mereka, jika mereka tidak mendapatkan air atau dikeluarkan dari air, maka mereka akan mati.

Ubur-ubur merupakan simetri radial
Ini maksudnya adalah mereka simetris, dari atas tubuh bell mereka hingga ke ujung tentakel. Mereka memiliki sisi atas dan bawah, tetapi tidak memiliki sisi kiri dan kanan. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis hewan lainnya; seperti mamalia, reptil, burung, dan arthropoda yang merupakan simetri bilateral.

Ubur-ubur memiliki sistem pencernaan yang sederhana, hanya dengan satu lubang
Mereka mengambil makanan melalui mulut yang terletak di bagian bawah belnya. Makanan  kemudian dicerna dalam struktur kantung yang disebut coelenterons atau rongga gastrovascular. Bahan limbah atau sisa makanan pun diteruskan melalui mulut itu.

Bergerak seperti jet air
Untuk bergerak maju, ubur-ubur mengambil air ke dalam otot bel mereka kemudian menyemprotkannya keluar dari belakang tubuh mereka. Itu menciptakan bentuk mirip jet air. Selain melalui gerakan itu, ubur-ubur juga bergerak dengan cara melayang pada arus air.

Ubur-ubur tidak memiliki otak, darah, dan sistem saraf
Indera yang mereka miliki sangat primitif. Mereka memiliki bintik mata yang dapat merasakan cahaya gelap dan lubang chemosensory yang membantu mereka mengidentifikasi mangsa.

Tubuh mereka terdiri dari tiga lapisan
Lapisan luar tubuh mereka disebut epidermis, lapisan tengah terdiri dari zat kental yang disebut mesoglea, dan lapisan terdalam melapisi rongga gastrovascular yang disebut gastrodermis.

Ribuan nematocytes terletak di tentakel, lengan, dan mulut ubur-ubur
Nenatocytes terdiri dari kapsul yang menyimpan gulungan duri berongga, kantung vemon, dan rambut pemicu sensitive kemo yang mendeteksi mangsa yang dapat dimakan. Mereka akan melumpuhkan mangsa dengan racun mereka.

Ubur-ubur termasuk dalam Filum Cnidaria
Ini merupakan kelompok hewan yang semuanya adalah simetris radial, termasuk karang, anemone laut, dan ubur-ubur.

Ada sekitar 200 spesies ubur-ubur sejati
Ubur-ubur Sejati adalah spesies yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Contoh dari spesies ini adalah ubur-ubur bulan, ubur-ubur meiditerania, sea nettles, ubur-ubur lion mane, ubur-ubur biru, dan masih banyak spesies yang kurang dikenal. Untuk kelas Cubozoa, mencakup sekitar 20 spesies tidak dianggap sebagai Ubur-ubur Sejati. Kelas Cubozoa juga disebut sebagai ubur-ubur kotak.

Spesies craspedacusta sowerbii kadang-kadang disebut sebagai satu-satunya spesies ubur-ubur air tawar, meski bukan termasuk ubur-ubur sejati.

Craspedacusta sowerbii termasuk dalam kelas Hydrozoa, bukan kelas scyphozoa.

Itulah beberapa fakta tentang ubur-ubur yang mungkin belum kita ketahui.



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Fakta Unik Ubur-ubur . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda