» » Nasi Sisa Kemarin Bikin Langsing

Pembaca :

Ilmuwan menyarankan untuk tidak membuang sisa makan malam. Sebab, reaksi zat-zat kimia yang terjadi saat makanan itu disimpan semalaman ternyata memiliki banyak manfaat. Seperti mengencangkan kulit hingga melangsingkan pinggang.

Nasi yang disimpan semalaman akan mengandung kalori 60 persen lebih sedikit daripada yang baru matang. Sehingga 100 gram nasi yang tadinya memiliki 130 kalori akan turun drastis hanya 52 kalori.

Namun untuk mendapatkan nasi kemarin yang layak makan, sebelumnya Anda harus memasaknya dengan benar. Caranya adalah sebelum beras dimasukkan, tambahkan sedikit minyak kelapa (sekitar tiga persen dari berat beras) ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Ketika sudah masak dan dingin, masukkan ke dalam kulkas selama 12 jam untuk mengurangi sejumlah besar kalori di dalamnya.

Jika nasi yang baru matang langsung dimakan, tubuh akan langsung mengubah pati menjadi gula atau glukosa. Jika tidak dibakar, glukosa ini akan disimpan sebagai lemak. Sebaliknya, jika nasi didinginkan, patinya akan diubah menjadi pati resistan yang tidak dapat dicerna tubuh. Dengan demikian, kalori tidak akan bertambah.

Minyak kelapa berguna untuk menghindari nasi kemarin tidak terlalu lengket dan bisa membantu memproduksi lebih banyak pati resistan dalam nasi sehingga semakin mengurangi jumlah kalori. Namun memanaskan dan makan nasi kemarin dalam jumlah banyak sepertinya tidak disarankan karena bisa menyebabkan sakit.


Bakteri Bacillus cereus yang ditemukan dalam beberapa jenis nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit. Jika ingin makan nasi kemarin yang sudah dipanaskan, sebaiknya memasak dalam jumlah kecil dan segera dimasukkan dalam kulkas agar cepat dingin.


Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Nasi Sisa Kemarin Bikin Langsing . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda