» » Bedanya antara Bangkok dan Jakarta

Pembaca :
Kemacetan Jakarta yang sangat parah
Perhatikan foto di atas, manusia bak semut yang menggerombol. Demi tuntutan perut segala risiko akan dilakukannya. Bahkan kadang mengesampingkan keselamatan jiwanya sendiri dan orang lain.

Mungkin karena tingkat populasi manusia yang demikian besar tanpa terbendung atau karena sempitnya lahan sehingga manusia cenderung nekad menyerobot lahan yang bukan miliknya, mengabaikan keselamatan jiwanya bahkan orang lain dengan berjualan disepanjang rel kereta yang masih aktif. Hal ini tentu sangat berisiko apalagi jadwal kereta di Indonesia cenderung molor alias tidak pernah tepat waktu.

Nekadnya para pedagang sayur berjualan di pinggir rel kereta di Jakarta


Sepintas, tak ada yang salah dengan pasar Maeklong. Letak masing-masing pedagang makanan yang berdekatan hanya dipisahkan jalan kecil tampak biasa. Namun, tunggu sampai Anda mendengar kereta lewat. Anda akan sadar bahwa pasar ini terletak di tengah perlintasan kereta api.

Toko-toko yang dibuka terletak sangat dekat dengan rel kereta api, hingga kalau ada kereta api lewat, penumpangnya pasti bisa mengambil beberapa sayur dan makanan. Namun, para pedagang dan pembeli di pasar ini tak perlu khawatir karena mereka sudah hafal jadwal kereta api.

Pasar Maeklong di Bangkok, tak ubahnya seperti Jakarta
Sebelum kereta api datang mereka dengan cepat menyingkirkan barang dagangan dari rel kereta api kemudian menutup toko mereka. Kegiatan buka tutu toko ini bisa terjadi hingga delapan kali sehari.

Pasar Maeklong yang terletak 72 kilometer di sebelah Barat Daya Bangkok berada pada ibu kota propinsi Samut Songkhram. Kebanyakan turis mendatangi pasar ini untuk melihat-lihat, namun tidak membeli. Pasar ini juga sering digunakan untuk pengambilan gambar dalam film.

Barang-barang yang dijual di Maeklong tak hanya berupa makanan, tetapi juga pakaian, pakaian dalam, mainan, hingga DVD bajakan. Banyak penjual yang tak memiliki toko, namun hanya membawa kotak plastik atau buah-buahan yang mereka jual di pinggir rel kereta api.

Jika Sobat ingin berbelanja di pasar Maeklong, sebaiknya cek jadwal kereta api dengan benar. Segi positifnya, selama ini jadwal kereta api di Maeklong tak pernah terlambat, sehingga kegiatan di pasar Maeklong juga berjalan sesuai jadwal inilah bedanya antara Bangkok dan Jakarta.

Sabar sik ya pak masinis, tak bongkar dulu tendanya..


Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Bedanya antara Bangkok dan Jakarta . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda