» » » Minuman Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara

Pembaca :

Di musim dingin seperti ini, paling tepat jika kita minum minuman panas yang dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat. Selain teh, kopi, dan susu ternyata ada berbagai minuman panas khas suatu Negara yang seringnya disajikan saat musim dingin tiba.

Mari kita lihat…. 

Canelazo, Peru


Walaupun didominasi oleh udara hangat, tapi ada sekitar beberapa minggu di Peru, di mana udara dingin menyapa pada malam hari. Nah, minuman berupa campuran rasa khas dari kayu manis dan jeruk citrus ini merupakan minuman penduduk kota Colombia, Peru untuk mengusir hawa dingin. Canelazo merupakan air yang direbus gula panella dan dicampur dengan kayu manis dan cengkeh. Kadang minuman ini pun ditambahkan buah naranjilla yang mempunyai rasa seperti nanas dan mint.





Ponche, Meksiko

Waktu yang paling pas untuk menikmati minuman ini adalah pada saat seluruh keluarga berkumpul bersama setelah makan malam. Minuman Ponche ini terbuat dari sedikit rum, buah-buahan segar, kenari, kismis, gula piloncillo, dan buah khas Meksiko, tejocote. Minuman fruit punch ini direbus bersama selama setengah jam dan disajikan hangat dalam panci besar.


 Colada, Ekuador


Minuman selanjutnya bernama Colada yang berasal dari Ekuador. Colada yang satu ini bukanlah colada yang dijadikan minuman beralkohol. Tapi, minuman Colada ini terbuat dari gandum kering yang direndam selama 10 menit dan direbus bersama buah-buahan, dicampur gula dan sedikit garam, lalu diblender dan disaring sebelum disajikan dan biasanya di minum saat sarapan pagi.






Cokelat Panas, Swiss

Negara Swiss yang sebagian wilayahnya masuk kedalam pegunungan Alpen ini memang selalu berudara dingin. Hal inilah yang menyebabkan penduduknya mempunyai minuman yang dapat membuat tubuh mereka hangat.

Swiss yang juga terkenal dengan cokelat kualitas terbaik di dunia ini pun membuat minuman berbahan dasar cokelat yang sangat nikmat. Minuman berupa cokelat yang dicairkan dan dicampur air atau susu ini sudah sangat terkenal dan dijadikan minuman khas musim dingin oleh banyak orang di dunia.

Kuzuyu, Jepang

Negeri yang terkenal dengan sushinya ini mempunyai minuman musim dingin yang khas, yaitu Kuzuyu. Kuzuyu adalah minuman yang hangat, manis, dan kental yang dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Minuman hangat ini terbuat dari campuran madu dan bubuk kudzu, tanaman yang biasa digunakan untuk campuran dalam teh dan minuman herbal lainnya. Minuman ini dapat ditemukan dalam beberapa varian rasa seperti jahe, teh hijau, dan gula hitam.

Sungnyung, Korea

Teh tradisional Korea ini telah sangat lama akrab di lidah masyarakat Korea. Teh yang juga dikenal dengan nama teh beras ini terbuat dari kerak nasi. Kerak nasi yang telah gosong ini ditambahkan air dan diminum. Orang Korea meminum sungnyung sebagai sajian penutup makan dan juga disajikan saat upacara penghormatan arwah leluhur sebagai sajian penutup.

Bandrek, Indonesia

Negara kita sendiri juga memiliki minuman hangat yang khas. Walaupun udara di Indonesia cenderung panas, tapi pada daerah dataran tinggi, suhu udara disana bisa sangat dingin dan membuat para penduduknya menciptakan minuman hangat.

Salah satunya adalah bandrek, minuman khas dari Jawa Barat yang kini biasa dinikmati oleh orang banyak. Bandrek terbuat dari jahe dan gula merah, dan dicampur dengan rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh; seperti serai, merica, kayu manis, pandan, dan telur ayam kampung. Bandrek juga dipercaya untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Selamat mencoba…


Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Minuman Khas Musim Dingin dari Berbagai Negara . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda