» » » Ndas Manyung Pedas Gurih

Pembaca :
Ikan manyung adalah ikan laut yang biasa ditangkap dan diolah sebagai ikan asin yang disebut jambal roti. Ikan ini adalah anggota bangsa ikan berkumis (Siluriformes), famili Ariidae. Sepotong kepala ikan manyung, yang dibeli di warung dekat rumah, harganya Rp 7 ribu. Ukurannya kecil. Kalau yang sedang Rp 10 ribu sedangkan yang paling besar bisa mencapai Rp 25 ribu. Yang dimasak menjadi gulai hanya bagian kepala sedangkan badan ikan biasanya diasapi atau digarami menjadi ikan asin.

Gulai Ndas Manyung adalah menu berbahan kepala (ndas) ikan Manyung yang diolah menjadi makanan pedas khas daerah pesisir wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Hampir rumah makan di wilayah Kecamatan Juwana hingga Kecamatan Batangan yang merupakan daerah pesisir kabupaten Pati, menyediakan menu Ndas Manyung.

Kenikmatan menyantap Ndas Manyung akan sangat terasa ketika disajikan hangat. Rasa pedas dan gurih mampu membuat lidah bergoyang. Apalagi di tambah dengan bumbu masakan dari bahan rempah-rempah yang meresap dalam daging maupun sela-sela rongga kepala ikan Manyung. Memang agak sulit dan lama untuk menyantap makanan ini sebab kita harus jeli mengorak-arik tulang kepala ikan untuk mendapat daging yang bisa dimakan.

Resep dan bahan-bahan untuk memasak ikan berkumis tersebut sebenarnya sangat mudah didapatkan, yaitu rempah bumbu kare, santan, bawang, merica, kunyit dan cabai rawit hijau. Semua bahan-bahan tersebut disatukan dalam adonan serta dimasak selama tiga jam sehingga rasanya meresap ke seluruh bagian kepala daging.

Rasa pedas Ndas Manyung merupakan rasa khas yang disuguhkan bagi penggemar kuliner masakan pedas. Dengan kuah yang berwarna kuning semburat merah dari cabai membuat penggemar kuliner pedas akan kembali untuk mencarinya. Namun, bagi yang tidak suka ikan tentu bukan pilihan yang tepat sebab aroma amis dari ikan ini sangat tajam, bahkan tidak hilang hanya dengan mencuci dengan air saja. Tetapi tak ada salahnya mencoba, ini merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia.

Para pemilik warung makan tidaklah sulit untuk menemukan bahan baku Ndas Manyung, karena ikan jenis ini cukup mudah didapat dari para nelayan. Beberapa acara kuliner di berbagai televisi swasta di Indonesia juga pernah meliput tentang menu ini. Di Kecamatan Juwana, warung yang menjual Ndas Manyung dan sangat diminati yaitu di depan Polsek Juwana dan sekarang membuka cabang baru di Jl. Raya Juwana-Pati. Selamat mencoba. (oyin)



Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Unknown

bean
Hi there!, You just read an article Ndas Manyung Pedas Gurih . Thank you for visiting our blog. We are really enthusiastic in Blogging. In our personal life we spend time on photography, mount climbing, snorkeling, and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan beri komentar dengan akun facebook Anda