Untuk membuat animasi efek air, salju, kobaran api dll paling baik dengan menggunakan Flash, tapi jika digunakan untuk blog atau website, flash kurang sesuai karena tidak di-index oleh mesin pencari alias Zero.
Untuk mengakalinya, kita bisa membuat efek-efek yang kita inginkan dengan menggunakan flash, kemudian setelah kita compile (ekspor) ke dalam bentuk animasi (swf), selanjutnya file swf ini kita konversi ke dalam bentuk gif.
Itulah sedikit gambaran beberapa cara membuat animasi. Ada beberapa software khusus membuat animasi gif, tapi setelah Oyin coba, hasilnya tidak seperti yang diharapkan, selain filenya jumbo, warna gambarnya pun kurang bagus.
Kelebihan dari Flash kita dapat mengatur gerakan-gerakan obyek sesuai dengan keinginan dengan menyisipkan koding, memberi varibel untuk obyek yang akan dianimasikan. Hal ini berbeda jika kita menggunakan software khusus seperti gif Animator. Dengan gif animator, sangat sulit membuat gerakan random seperti yang kita inginkan, karena sifatnya statis.
Sebagai contoh menulis koding untuk mengatur gerakan gambar salju yang berjatuhan ke dalam frame adalah sebagai berikut :
var maxSalju:Number = 50; (total salju yang akan dibuat)
var maxSize:Number = 1.5;(ukuran salju terbesar yang diinginkan)
var minSize:Number = 0.5;(ukuran salju terkecil yang diinginkan)
var speed:Number = 3;(kecepatan maksimal salju turun)
var maxWindSpeed:Number = 2;(kecepatan angin maksimal)
Hasil dari variabel gambar salju setelah dikonversi delam bentuk gif (file aslinya sangat besar dengan Photoshop kita kurangi jumlah frame dan diatur ulang kecepatannya) dan hasilnya:
Dari variable yang kita buat seperti di atas, kita cukup sekali saja membuat gambar. Selanjutnya kita tinggal memberi perintah yang dijalankan ketika frame ini dimainkan misalnya :
snow.x = generateXPosition();(mengacak koordinat X salju)
snow.y = -sheight / 2 + Math.random() * (1.500000 * sheight);
snow.alpha = generateAlpha(); (untuk membuat perbedaan transparansi warna pada salju)
snow.scaleX = snow.scaleY = generateScale(); (untuk membuat perbedaan ukuran salju)
snow.velocity = generateVelocity(); (untuk membuat perbedaan percepatan gravitasi)
snow.wind = generateWind(); (untuk membuat perbedaan kecepatan dan arah angin)
Dan seterusnya..
Hal ini sangat berbeda jika kita menggunakan gif animator, kita harus membuat gambar yang berbeda-beda, kita bisa membayangkan jika yang kita bikin animasi misalnya kobaran api. Berapa banyak gambar yang berbeda harus kita buat? Tentu sangat repot.
Dan ini animasi hujan berikut gelombang air
Dari animasi-animasi di atas, jika kita hanya mengandalkan PhotoShop mungkin kita akan dibuat puyeng... Oleh karena itu sebaiknya menggunakan aplikasi Adobe Flash terlebih dulu baru kemudian jika kita menginginkan untuk di-share ke blog agar dibaca search engine kita bisa mengkonversinya ke bentuk gif, setelah itu baru di-edit ulang dengan PhotoShop.
Artikel ini merupakan update dari artikel lama yang pernah Oyin share beberapa waktu lalu di blog ini.