» » Memantau Keadaan Rumah Saat Berlimbur

Kadang saat kita berlibur dalam waktu yang sedikit lama, merasa kuwatir dengan keadaan rumah kita seperti apa. Jika rumah kita ada penjaganya mungkin tidak terlalu risau, tapi seandainya rumah kita kosong tidak ada penjaganya tentu punya rasa was-was akan dimasuki maling yang akan mengambil atau meng acak2 barang-barang didalam rumah / kamar.

Seperti cerita diatas, saat blogwalking Oyin menemukan sebuah solusi yang mungkin bisa dipakai jika hal seperti itu terjadi pada sobat. Apa solusinya ? Ok, mari kita bahas sedikit. Kita sering melihat saat memasuki perkantoran , ruang ATM, atau tempat-tempat yang dianggap perlu pengawasan khusus dipasangi  kamera CCTV yang berguna untuk memantau keadaan ruangan yang perlu dijaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apakah sobat ingin memasang kamera CCTV ? Kamera ini mungkin harganya jutaan rupiah, bagi yang memilki uang lebih tidak menjadi masalah serius, tapi bagi yang memiliki uang pas-pasan seperti Oyin, tentu saja membuat ciut jika ingin menggunakan.

Inilah sebuah solusi yang mungkin pas dikantong tapi dengan hasil yang tidak mengecewakan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi  webcame yang kita hubungkan pada komputer, dan webcame ini harganya tidak terlalu mahal, sekitar 100 ribuan untuk yang memiliki resolusi 10Mpx dan sekitar 40 ribuan untuk resolusi dibawahnya. Mau ? Ok mari kita bahas.

Peralatan yang di perlukan adalah :
1. Webcame (terserah mau pakai merek apa, yg biasa digunakan video chatting)
2. tentu saja komputer
3. Software pendukung yaitu :
a. Webcame7 atau webcameXP
b. Xampp yang digunakan untuk mengupload data streaming jika kita ingin memantau keaadan dari tempat yg jauh. misalnya kita sedang berlibur di luar kota bahkan diluar negeri.
c. Opera Unite (jika memakai browser Opera sudah included), dimana aplikasi ini memfasilitasi pengambilan data dari komputer kita (sumber rekaman) ke Internet, shingga kita dapt memonitor dari manapun dan kapanku selama kita bisa online.

Setelah semua kebutuhan tadi terpenuhi maka kita mulai melakukan langkah2 penginstalannya. Yang pertama sobat instal dulu webcame7, aplikasi ini sifatnya gratis jika sobat hanya menggunakan 1 buah camera, tetapi jika sobat ingin menggunakan banyak kamera (untuk memantau beberapa ruangan) maka sobat harus membayar. jika denger membayar, Oyin yakin sobat pasti banyak pertimbangan..dan akhirnya mundur teratur hehehe...

Okeylah nggak usah banyak cerita, karena ini merupakan catatan Oyin juga siapa tau suatau saat Oyin pergi ke kutub utara dan meninggalakan rumah dalam waktu lama dan ingin melihat keadaan kamar saat ditinggalkan seperti apa.

Install Webcame7 versi anyar (yang bajakan sajalah kalau beli yang Ori mahal, tapi walapun bajakan bisa menjadi full, artinya sama dengan yang Ori) Saat meng instal matikan dulu koneksi internetnya biar aman kecuali sobat pakai software Asli bukan Aspal !.




Pada gambar diatas Oyin menggunakan webcame7 AsPal alias asli tapi palsu coz hasil crack; sehingga dapat menggunakan beberapa webcame sekaligus dengan full Feature sama persis dengan yang Asli tanpa harus membeli. enaak to ? hmmm

Setelah aplikasi webcame selesai kita install, selnjutnya kita tes apakah bisa berjalan atau tidak. perhatikan gambar dibawah ini..


Karena belum ada kamera maka rekaman masih kosong, untuk itu kita harus menentukan kamera mana yang akan kita pakai memonitor ruangan, Saat kita membeli kamera, tentu disertakan drivernya, dan kita harus menginstal driver kamera tsb agar kamera ber fungsi, nah driver kamera yang sudah diinstal ini akan otomatis dibaca oleh aplikasi webcam7, untuk memilih kamera tinggal klik kanan mouse, nanti akan ada pilihan kamera sesuai yg kita pasang.


Selesai tahapan memasang aplikasi webcame7 kamera siap digunakan memonitor, tahapan selanjutnya kita harus meng instal aplikasi Xampp, Aplikasi ini sifatnya gratis, sobat tinggal mendownloadnya.


Kemudian agar Webcame bisa diakses via internet, maka kita akan menggunakan opera unite pada opera browser. Buka Opera Browser, kemudian pada tab sebelah kanan ada lambang seperti kipas ( opera unite ) klik kanan kemudian klik enable, kemudian login menggunakan username opera, jika belum punya kita bisa membuat account baru, kemudian coba login kembali.

Host your Web sites running from your own computer. Turn your Opera browser into an instant Web server. It really is easy:  Install this service. Provide the location of your Web site file folder. Send the URL to your friends. And that's it! When your friends use the URL, they can instantly access your Web site straight from your desktop.

Untuk lebih jelasnya jika sobat ingin mendapatkan dan mencoba semua alat perang ini, sobat bisa berkunjung ke rekan blogger berikut karena Oyin dapat infonya dari mereka :

http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
http://unite.opera.com/application/192/
http://gunawan-alfarizi.blogspot.com/2012/10/implementasi-webcame-7-menggunakan.html
http://jopir.wordpress.com/2009/10/07/membangun-sendiri-jaringan-kamera-cctv-murah-meriah
http://www.techiru.com/2011/12/membuat-cctv-murah-dengan-webcam.html

Atau jika ingin download langsung silahkan sobat klik link dibawah ini.

WebCame7 besarnya file 8MB ini masih ori belum ada cracknya
WebCameXP besarnya file 9MB berikut Crack WebcameXp sama dengan Webcame7.
Xampp besarnya file 63MB
Opera Unite


About Dony Jr

Hi there! I am Oyin, You just read an article Memantau Keadaan Rumah Saat Berlimbur . Thank on your visiting. I am a true enthusiast in blogging. In my personal life I spend time on photography, travelling, snorkeling and culinary.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Silakan tulis komentar Anda