» » Seleksi Rambut dengan PhotoShop (1)


Kini kita semakin dimanjakan seiring kemajuan dunia teknologi informasi,  seperti olah foto digital, video, animasi,  film dan sebagainya. Era tahun 90an, foto masih merupakan barang eksklusif, tapi kini tidak lagi. Untuk mengambil foto, dahulu kita harus datang ke studio foto..dan hasilnyapun kadang tidak sesuai dengan keinginan. Dari mulai pengambilan gambar sampai ke cetak, kita harus menunggu beberapa hari untuk dapat melihat hasil jepretan sang juru foto di studio, tapi sekarang begitu klik kita langsung dapat melihat hasilnya...dan jika hasil jepetran tidak sesuai keinginan, maka foto tersebut dapat kita rekayasa dengan tidak mengurangi nilainya. Foto buram, foto cacat dapat kita perbaiki dengan bantuan software olah foto salah satunya yang paling populer adalah Photo Shop.


Pada foto-foto diatas merupakan hasil rekayasa dari software Photo Shop. Dengan bantuan software ini, kita dapat berkreasi sesuai dengan imajinasi kita. Semakin kita banyak kreatifitas, hasilnya akan semakin bagus.
Pada software olah foto ini, agar hasil rekayasa foto tampak artistik, diperlukan ketrampilan dalam meng edit foto-foto tersebut, diantaranya mengganti backround sesuai keinginan, menseleksi rambut yang terurai agar tampak alami, permainan warna dan juga pencahayaan..

Dari beberapa teknik editing dengan Software ini, yang paling agak sulit adalah jika kita ingin mengganti background (latar belakang) foto, sedangkan pada foto asli terdapat rambut yang terurai tidak karuan...terutama pada rambut wanita. Tentu jika kita ingin memperoleh hasil yg alami, tidak sekedar asal potong (cropying),  tetapi harus mengikuti alur dari rambut tersebut. Untaian rambut yg halus harus bisa kita seleksi. Nah bagimana cara menseleksi rambut agar tampak alami ?

Perhatikan gambar2 berikut ini bagaimana teknik menseleksi rambut, dan mengganti latar belakang foto sesuai  keinginan.

Foto asli sebelum di ganti latar belakangnya

Untuk mengganti latar belakang foto yg abstrak, kita perlu menggunakan teknik "chanel dan masking"
caranya yaitu : setelah kita buka foto yang akan kita edit kemudian dari menu layer kita pindah ke menu chanel. Pada menu chanel terdapat 4 buah ikon foto utama, yaitu : RGB - Red- Green dan Blue, nah pada ikon-ikon tadi kita pilih warna yang paling kontras perbedaannya antara warna hitam dan putih.

Pada foto ini kita memilih chanel red yang paling kontras
Kemudian chanel red tadi kita copy untuk kemudian kita seleksi


Selanjutnya kita pilih lasso tool untuk menseleksi

foto kita seleksi mengikuti bentuk sesuai keinginan yang akan kita ambil


Setelah semua terseleksi, maka dari menu utama kita pilih Fill

kita isi dengan warna black

Hasil pengisian (fill) dengan warna black

kembali ke menu kita pilih burn tool kemudian sapukan pada area rambut yg tidak beraturan dengan memperhatikan juga kepekaan area (range)



Sapukan pada area rambut yang akan diseleksi hingga rata (hitam semua)
selanjutnya perhatikan gambar2 berikutnya...

Kembali ke menu, pilih dodge tool (jika foto telah sempurna kita sapu dengan burn tool) atur juga kepekaan (range)



Sapukan dodge tool tadi diluar area yg kita seleksi sampai semuanya menjadi putih

Hasil seleksian...

Yah sementara segini dulu, nanti disambung lagi...

Disclaimer
Oyin Ayashi admits that though we try to describe accurately, we cannot verify the exact facts of everything posted. Postings may contain Information, speculation or rumor. We find images from the Web that are believed to belong in the public domain. If any stories or photos that appear on the site are in violation of copyright law, please write in comment box and we will remove the offending section as soon as possible. (Oyiners = Blog reader)

Above article written by Dony Jr

bean
Hi there!, You just read an article Seleksi Rambut dengan PhotoShop (1) . Thank on your visiting. We a true enthusiast in Blogging. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and culinary. And sometimes We write programming code.
«
Next
Newer Post
»
Next
Older Post

Silakan tulis komentar dengan akun facebook Anda

2 Komentar untuk » Seleksi Rambut dengan PhotoShop (1)

Sama2 mas Rudy, terima kasih sudah berkunjung ke blog oyin. Btw, teknik seleksi rambut ini menggunakan teknik kuno masih manual, dengan Photoshop versi 5 keatas, kita lebih mudah menseleksi rambut yang tidak beraturan (abstrak)

Balas

Silakan tulis komentar dengan akun google Anda


1. Jika ingin menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya dengan tool Konversi Kode.
2. Jika Anda ingin berkomentar dengan emoticon silakan klik tombol emoticon.
3. Jangan berkomentar yang mengandung sara.
4. Jangan menyertakan link hidup karena tidak akan muncul.
5. Terima kasih Untuk yang telah memberikan komentar
Buka Konversi Kode Tutup Konversi Kode Buka Emoticon Tutup Emoticon